Setelah Libur Panjang, Pasar Keuangan Dibuka Turun

Penutupan Perdagangan Pekan Ini, Kekuatiran Tebukti, IHSG Ditutup Turun
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Setelah libur panjang, IHSG dibuka melemah pada perdagangan hari ini. Di sesi pembukaan, IHSG langsung turun di level 5.108,03. Dan sejauh ini, IHSG sudah berada di bawah level 5.100 dan mencoba mendekati level supportnya di kisaran 5.070. Kinerja IHSG memburuk seiring dengan buruknya kinerja indeks bursa di dunia.

Hal itu dijelaskan Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Senin (1/11/2020).

Kinerja mata uang Rupiah juga sama, mengalami pelemahan di sesi pembukaan perdagangan pekan ini.

“Rupiah dibuka melemah di level 14.650, dan sejauh ini mencoba mendekati level 14.700. Secara keseluruhan, dipekan ini ada banyak sentiment yang bisa membuat pasar bergerak dengan sangat liar,” imbuhnya.

Dimulai dari pemilihan Presiden di AS, rilis data pertumbuhan ekonomi, laju tekanan inflasi serta kabar buruk seperti Inggris yang kembali lockdown 1 bulan, ditambah dengan penurunan harga komoditas dunia.

“Kinerja pasar keuangan benar-benar dalam tekanan hebat sejauh ini. Dan diyakini masih akan berlanjut melemah hingga sesi penutupan perdagangan,” bebernya.

Benjamin mengatakan, perlaku pasar harus berhati hati, sering dengan memburuknya sentimen yang bisa saja membuat pasar berada dalam tekanan hebat dan berfluktuasi sangat tajam.

“Pekan ini menjadi pekan krusial yang membuat perdagangan di pasar keuangan akan didominasi transaksi jangka pendek,” jelasnya. Berita Medan, red