Kolaborasi Lintas Lembaga Melakukan Pemberdayaan Petani Sumut

Kolaborasi Lintas Lembaga Melakukan Pemberdayaan Petani Sumut
Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Pemuda Tani Indonesia (PTI) Provinsi Sumatera Utara menggagas pengembangan program "On Farm Petani Mandiri" dapat berjalan Se Sumatera Utara.

MUDANEWS.COM, Langkat – Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Pemuda Tani Indonesia (PTI) Provinsi Sumatera Utara menggagas pengembangan program “On Farm Petani Mandiri” dapat berjalan Se Sumatera Utara dengan melakukan kolaborasi bersama Bulog Sumut, BNI Sumut dan didukung oleh Asuransi Jasindo Sumut.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa lembaga maupun instansi yang terlibat pada kegiatan ini diantaranya Ketua HKTI Sumut/DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Ketua Penasehat HKTI Sumut/DPR RI Prof Djohar Arifin Husin, Kepala Bulog Sumut Arwakhudin Widiarso, Kepala BNI Sumut Martinus Matondang, Ketua Pemuda Tani Sumut M Fadly Abdina, Kepala BNI USU Zulkifli Ikhwan Harahap, Kepala Jasindo Sumut dan Wakil Kepala Bulog Medan Sahala.

Ketua HKTI Sumut, Gus Irawan Pasaribu menyampaikan bahwa HKTI Sumut sebagai organisasi masyarakat yang bergerak pada pengembangan sektor pertanian berkomitmen menjembatani berbagai kepentingan petani yang ada di Sumatera Utara.

“Pada hari ini 23 Oktober 2020 kita melakukan penandatanganan Kredit Tanpa Agunan kepada petani padi di Desa Lubuk Kertang, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat agar petani dapat mengembangkan usaha tani yang dilakukan,” jelas Gus Irawan Pasaribu.

Gus Irawan Pasaribu yang juga merupakan Anggota Komisi XI DPR RI menghaturkan sangat bersyukur dengan adanya dukungan dari berbagai pihak untuk pelaksanaan kegiatan ini dan program ini akan diperluas Se Sumatera Utara dengan MOU yang akan kita lakukan saat Pelantikan HKTI Sumut Periode 2020-2025 pada 26 Oktober Mendatang di Hotel Polonia Medan.

Fadly Abdina selaku Ketua Pemuda Tani Indonesia Sumut menyampaikan bahwa sinergitas lintas lembaga ini bertujuan untuk menjembatani para petani agar mendapatkan akses pembiayaan, pendampingan, penyuluhan, dukungan pemasaran, hingga jaminan kerugian jika terjadi kegagalan panen.

Sementara itu, Prof Djohar Arifin Husin yang Juga Anggota Komisi X DPR RI sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. “Semoga apa yang dilakukan menjadi amal kebaikan bagi kita bersama,” harap Prof Djohar.

Senada dengan itu, Kepala Bulog Sumut Arwakhudin Widiarso menyampaikan dukungan penuh untuk terselenggaranya kegiatan ini. “Bulog Sumut saat ini telah melakukan pembangunan gudang di daerah Secanggang dan Stabat untuk mendukung aktivitas pemasaran hasil panen petani,” tuturnya.

Kepala BNI Sumut Martinus Matondang juga menyampaikan akan mendukung dari sisi pembiayaan petani agar dapat dimanfaatkan secara menyeluruh di Sumatera Utara.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Tim BNI USU, Tim Bulog Medan, beberapa pengurus HKTI Sumut diantaranya Sekretaris Muhammadsyah, Wakil Ketua Jandi Pinem, Wakil Ketua Alridiwirsah dan Wakil Bendahara Lia Charwita, serta beberapa pengurus Pemuda Tani diantaranya Alqomari, Gunawan, Aflahun Siregar, Azam Azizi, Agung Tidio dan lain-lain. Berita Langkat, red