IHSG Turun, Rupiah Tetap Kuat

IHSG Turun, Rupiah Tetap Kuat
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG pada perdagangan hari ini mengalami pelemahan. Setelah sempat menguat di sesi perdagangan pertama.

“IHSG berbalik turun dan cenderung mencoba menjauh dari level psikologis 5.100 di sesi perdagangan kedua. IHSG pada perdagangan hari ini ditutup di level 5.096,45 atau melemah sekitar 3 poin saja,” jelas Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Rabu (21/10/2020).

Kinerja IHSG yang turun juga turut dibarengi dengan transaksi asing yang membukukan posisi jual bersih atau net sell sebanyak 95 milyar. Aksi jual bersih asing tersebut sebenarnya terus terjadi belakangan ini. Bahkan saat IHSG berada di teritori positif sekalipun.

“Namun, mata uang rupiah  masih melanjutkan tren penguatan. Rupiah ditutup menguat di level  14.632 per US Dolar. Rupiah menguat masih dinaungi oleh kabar baik terkait stimulus. Sementara pelemahan IHSG banyak diseimuti oleh memburuknya kinerja bursa di eropa yang tengah menanti laporan keuangan emiten di eropa,” imbuhnya.

Sementara itu, tambah Gunawan, kinerja indeks futures di AS menunjukan angka yang positif. Yang membuat pasar keuangan di AS akan berkinerja baik pada pembukaan perdagangan nantinya. “Namun ini bukan jaminan bagi investor. Karena volatilitas di pasar keuangan kerap berubah cepat,” jelas dia. Berita Medan, red