Presiden akan Menerima Draft Final Cipta Kerja, IHSG Naik Dekati 5.100

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG di awal pekan kembali menguat. Seiring draft final Cipta Kerja (Ciptaker) akan diserahkan ke Presiden.

Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin menjelaskan, dibuka naik di level 5.078,13, IHSG sejauh ini terus mengalami penguatan dan mencoba mendekati level psikologis 5.100. Sementara mata uang Rupiah justru melemah di level 14.7015 per US Dolar sejauh ini. Dari domestic sebenarnya ada kabar baik terkait dengan dilonggarkannya kebijakan PSBB DKI Jakarta.

“Jakarta kembali masuk dalam PSBB transisi. Meskipun dinilai kurang efektif dalam meredam penyebaran Covid-19, akan tetapi pasar keuangan khususnya IHSG merespon positif kebijakan tersebut. Selain pelonggaran PSBB DKI, pelaku pasar juga menanti draft final UU Ciptaker yang akan diserahkan DPR ke Presiden hari ini,” imbuhnya di Medan, Sumatera Utara, Senin (12/10/2020).

Sementara itu, lanjutnya, bursa di Asia pada perdagangan hari ini  banyak yang dibuka menguat. Seiring dengan penguatan kinerja indeks bursa di AS sebelumnya. Namun pelemahan mata uang yang terjadi pada perdagangan hari ini menjadi pemicu melemahnya sejumlah mata uang di Asia.

“Kinerja mata uang yuan melemah setelah ada perubahan aturan yang dilakukan oleh Bank Sentral China khususnya terkait dengan transaksi di valuta asing di negara tersebut. Khususnya terkait dengan transaksi forward,” jelas Gunawan. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini