Demo Cipta Kerja, IHSG Menguat dan Rupiah Stabil

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin menjelaskan Kinerja IHSG pada penutupan perdagangan hari ini menguat. IHSG ditutup naik 0.7% di level 5.039,14.

“Selama sesi perdagangan IHSG mampu bertahan di atas level penutupan sebelumnya. Kinerja IHSG tidak begitu banyak dipengaruhi oleh aksi demonstrasi yang berlangsung pada hari ini. Aksi demo yang dikabarkan berjalan ricuh di beberapa titik, tidak lantas membuat IHSG tertekan,” ujar Gunawan di Medan, Sumatera Utara, Kamis (8/10/2020) sore.

Sementara itu, lanjut Gunawan, mata uang Rupiah yang sempat bolak balik di dua zona. Pada akhirnya ditutup tidak berubah dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya. Rupiah ditutup stabil 14.710 per US Dolar. Kinerja mata uang Rupiah stabil dan lagi-lagi tidak begitu terpengaruh aksi demonstrasi.

“Pelaku pasar justru menanti bagaimana kesepakatan stimulus yang akan disepekati pemerintah AS. Sejauh ini sikap Presiden AS memang melunak, hanya saja pelaku pasar juga masih menanti bagaimana realisasi sikap yang dilakukan nantinya,” jelas Gunawan.

Gunawan mengungkapkan, Bank Sentral AS atau The FED juga berencana untuk memberikan stimulus dalam kerangkan kebijakan moneternya. Namun, lagi-lagi saya melihat ini sebagai kemungkinan dimana adanya potensi penguatan mata uang Rupiah karena US Dolar cenderung melemah karenanya.

“Secara teknikal, IHSG masih akan mondari mandir di level psikologis 5.000. Sulit bagi IHSG untuk melanjutkan kenaikan sementara sentiment ekstenal belum menunjukan pemulihan. Sementara untuk tekanan IHSG, juga terbilang sangat minim. Jadi sentiment teknikal IHSG berada di level saat ini sementara akan  membuat IHSG tidak akan beranjak jauh dalam jangka pendek,” imbuh Gunawan. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini