IHSG dan Rupiah Menguat, Dipengaruhi oleh Trum hingga RUU Ciptaker

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin memaparkan Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG pada perdagangan hari ini ditutup menguat 0.65% di level 4.958,77.

“Kinerja IHSG menguat seiring dengan kinerja indeks saham global yang mengalami penguatan. Salah satu pemicunya adalah kabar mengenai diperbolehkannya Presiden AS Donald Trump untuk pulang kerumah setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit,” jelas Gunawan di Medan, Sumatera Utara, Senin (5/10/2020).

Sementara itu, kata Gunawan, pelaku pasar tengah mencermati perkembangan RUU Cipta Kerja yang akan di sahkan oleh DPR. DPR dijadwalkan akan mengesahkan RUU Ciptakerja yang membuat investor untuk lebih mengambil sikap wait and see terlebih dahulu.

“Disisi lain, mata uang rupiah turut diperdagangkan menguat pada perdagangan hari ini. Rupiah menguat di level 14.745 per US Dolar. Kinerja mata uang rupiah menjadi salah satu mata uang yang paling kuat di asia pada pedagangan hari ini,” imbuhnya.

Meskipun masih ada beberapa sentimen yang akan dirilis di pekan ini, seperti data manufaktur di sejumlah negara besar. Akan tetapi data tersebut belum sepenuhnya akan menopang kinerja psar keuangan dalam waktu dekat ini. Pasar keuangan masih bergerak volatile.

“Volatilitas pasar keuangan bisa saja memburuk, seandainya aksi demonstrasi RUU Ciptaker justru memburuk. Namun kita tidak mengharapkan itu semua. Selama aksi demontsrasi berjalan lancar, saya menilai pasar keuangan akan merespon positif nantinya,” jelas Gunawan. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini