GEBU Minang, Buka Peluang Tingkatkan Kesejahteraan Urang Awak

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Sejumlah tokoh masyarakat, alim ulama, tokoh pemuda, praktisi bisnis, para pedagang serta dari kalangan dunia usaha Minang “Urang Awak” di Kota Medan, menggelar silaturahmi dan diskusi di Medan Club, Jumat (25/9) sore.

Dalam silaturahmi tersebut dibahas kondisi terkini di Kota Medan, baik dari sisi ekonomi, politik dan sosial serta budaya, yang berdampak pada masyarakat Minang Kota Medan dan sekitarnya. Termasuk dinamika kondisi politik tanah air yang marak dengan Pilkada kabupaten/kota, termasuk Pilkada Medan yang bakal berlangsung pertengahan Desember 2020 mendatang.

Dalam diskusi yang dihadiri Ketua DPW PKDP Sumut H. Farianda Putra Sinik SE, Ketua DPD GEBU Minang Sumut Putrama Al Khairi, DR (Cand) Herri Trisna Frianto, ST, MT, Kolonel. Januardin , AKBP M. Ali Akbar, S.Si, M.Si, Rinaldy ,S.Psi, M.Psi, Faisal Abidin Tanjung, S. Sos, Novita Sari, SH, M. Alfirdian Satra, ST, Mardiana, ST. S.Kom, Nur Aini Chaniago, SE, Elly Tapar, Lusiana Aziz, H. Azwir, Yusaldi, Jufri Ragani dan lainya tersebut. Dibahas bagaimana GEBU Minang dapat membuka peluang dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku bisnis dan Urang Awak di Kota Medan.

Farianda Putra Sinnik dalam kesempatan tersebut memaparkan, keberadaan Suku Minang “Urang Awak” yang selalu eksis dalam berbagai hal yang digeluti, selalu menarik perhatian dan simpati bukan hanya masyarakat dan warga disekitar lingkungan mereka. Tapi juga para pemilik dan pemangku kebijakan seperti kalangan birokrasi pemerintahan dan para politisi.

Itu sebabnya sebut Farianda dalam Pilkada Medan kali ini, etnik Minang juga menjadi perhatian para kandidat pasangan calon dalam Pilkada. Karenanya sebut Farianda PKDP memandang, Kota Medan butuh pemimpin luar biasa, dan dapat melakukan hal-hal luar biasa pula guna memimpin Kota Medan kedepan. Guna mengejar keterlambatan Kota Medan, dari kota-kota lainnya baik yang ada di Pulau Sumatera ataupun di Jawa.

“Karena kita di PKDP adalah paguyuban adat dan kebudayaan, maka aspirasi untuk pasangan calon tadi kita arahkan dengan membentuk relawan Formasi Berkah. Dan Insya Allah akan membawa berkah pula nantinya bagi seluruh warga Kota Medan,” ujar Farianda.

Ketua DPD Gebu Minang Sumut Putrama Al Khairi dalam kesempatan tadi menyatakan kedepan perlu ada koalisasi ataupun kolaborasi diantara sesama para pengusaha dan pelakuk bisnis Minang yang ada di Kota Medan, agar mampu bertahan dan dan mengembangkan kegiatan ekonomi yang dimiliki.

“Masyarakat kita kurang memiliki kemampuan dan pengalaman dalam hal kolaborasi bisnis dan dagang. Karena memang selalu diajarkan untuk mandiri. Padahal kondisi global saat ini mengharuskan kita memiliki jaringan, dan mitra-mitra usaha guna menghadapi persaingan bebas yang sangat keras,” ujar Putrama Al Khairi.

Sementara itu DR (Cand) Herri Trisna Frianto, ST, MT memaparkan obsesinya , bahwa masyarakat Minang (Urang Awak) Kota Medan dapat memiliki jaringan bisnis online, yang dapat memnbuat hasil produksi mereka dapat dikenal dan dipasarkan ke negara tetangga.

“Kita sedang menjajakinya dan saat ini kita tengah menjalin kemitraan dengan H. Farianda Putra Sinnik guna mewujudkan mimpi-mimpi tadi. Hingga berbagai produk dan hasil produksi Urang Awak Kota Medan dapat menembus jaringan teknologi internet dan dapat dipasarkan lewat dunia maya,, ujar Herri Trisna Frianto. Berita Medan, alf

- Advertisement -

Berita Terkini