Drama PSBB Usai, Rupiah dan IHSG Menguat

AS Disebut Langgar Aturan Dagang Dengan China, Pasar Tidak Begitu Merespon
Gunawan Benjamin

MUDANEWS.COM, Medan – Drama pemberlakukan kebijakan PSBB telah usai. Pelaku pasar sudah mengetahui sepenuhnya bentuk kebijakan PSBB yang dilakukan. Saat ini pelaku pasar kembali fokus kepada sejumlah data yang akan dirilis nantinya. Salah satunya data dari China terkait dengan data produksi industri serta data konsumen di China.

“Ada kabar baik yang berkembang saat ini, dimana AstraZeneca perusahaan pengembang vaksin kembali melanjutkan uji klinis tahap ketiga. Uji Klinis yang dilanjutkan tersebut memicu terjadinya kenaikan sejumlah indeks bursa yang ada di AS sebelumnya,” ujar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Selasa (15/9/2020).

Gunawan mengatakan, pagi ini IHSG di sesi pembukaan menguat di level 5.169,24. Meskipun saat berita ini diturunkan IHSG terkoreksi tipis di level 5.153. IHSG pada perdagangan hari ini masih bergerak stabil dan belum beranjak jauh dari penutupan perdagangan sebelumnya.

Sementara itu, mata uang Rupiah bergerak menguat di kisaran level 14.845 per US Dolar. Kinerja Rupiah mengalami penguatan seiring dengan pelemahan mata uang US Dolar di pasar global.

“Rilis neraca dagang yang akan disampaikan di hari ini sepertinya tidak akan memberikan perubahan besar bagi IHSG maupun Rupiah. Tren surplus pada neraca dagang mengisyarakatkan ekonomi masih akan terbebani dengan memburuknya kinerja ekonomi global,” ujar Gunawan. Berita Medan, red