PTPN III (Persero) Bantu Renovasi Museum Perkebunan Indonesia

PTPN III (Persero) Bantu Renovasi Museum Perkebunan Indonesia
PTPN III (Persero) serahkan CSR secara virtual oleh M Abdul Ghani Dirut PTPN III (Pesero) yang diwakili oleh Suhendri, SEVP Business Support kepada Direktur Eksekutif Museum Perkebunan Indonesia (MUSPERIN) Sri Hartini

MUDANEWS.COM, Medan – PTPN III (Persero) serahkan CSR secara virtual oleh M Abdul Ghani Dirut PTPN III (Pesero) yang diwakili oleh Suhendri, SEVP Business Support kepada Direktur Eksekutif Museum Perkebunan Indonesia (MUSPERIN) Sri Hartini di gedung BKS-PPS Jalan Pemuda No 2 Medan, Sumatera Utara, Selasa (8/9/2020).

Hal itu disaksikan langsung secara virtual oleh Pendiri dan Ketua Pembina Yayasan Meseum Perkebunan Indonesia Soedjai Kartasasmita, Prof DR Bungaran Saragih (Menteri Pertanian tahun 2000-2004), Rusman Eriawan (Wakil Menteri Pertanian 2011-2014), Ir Gamal Naser (Dirjen Perkebunan 2010-2016), Rohan F Mochtar, Sekjen Asosiasi Meseum Indonesia Sigit Gunardjo, Ir Purwadi dari Instiper Yogyakarta, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Medan serta didampingi oleh Direktur PPKS Ir Edwin Lubis, Dr Hasril Hasan Siregar, Ir Andi Sowignyo (GM Sucofindo) dan Fransiska Ginting (Socfindo).

“CSR sebesar Rp 545.874.946 ini nantinya akan digunakan untuk merenovasi gedung MUSPERIN-2, keberadaan MUSPERIN merupakan hal penting bagi seluruh masyarakat, bukan saja bagi pelaku perkebunan. Di museum ini kita bisa melihat perjalanan Perkebunan dan sejarah kota medan,” kata Suhendri.

Suhendri menambahkan, bagi PTPN III Operasional Medan penyerahan CSR ini merupakan tugas dan panggilan moral, tugas dan perpanjangan tangan untuk merealisasikan komitmen Dirut PTPN III Holding untuk mengakselerasi pembangunan museum perkebunan ini dan juga panggilan moral sebagai generasi penerus perkebunan.

“Kami berharap bantuan CSR ini mampu mewujudkan cita-cita kita bersama mengakselerasi renovasi museum perkebunan ini dan menjadikan museum ini bukan saja sebagai tempat menyimpan memory, history dan menjadi tujuan wisata bagi kota Medan, tapi juga mampu menjadi milestone yang mampu menginsipirasi kita semua para generasi penerus di perkebunan untuk menciptakan kembali kejayaan perkebunan. Sehingga moto musperin ini “connecting the past to the future” dapat kita wujudkan,” ujarnya.

M Abdul Ghani, Dirut PTPN III (Pesero) dalam sambutannya secara virtual mengatakan, CSR ini merupakan bentuk apresiasi PTPN III kepada MUSPERIN yang telah mengelola dengan baik sejarah museum BKS-PPS, cikal bakal peradaban di Sumut.

“Kami turut menyampaikan kepada BUMN yang memiliki anggaran CSR untuk membantu renovasi gedung BKS-PPS. Setelah PTPN III ini selanjutnya PTPN IV akan membantu pembuatan Lift, terima kasih kami ucapkan atas peran BKS-PPS yang tetap menjaga nilai-nilai heritage, mari kita bangun dan pertahankan situs-situs heritage,” bebernya.

Dalam momentum ini Suhendri bersama Sri Hartini, Direktur Eksekutif MUSPERIN beserta seluruh tamu undangan berkesempatan tour di MUSPERIN yang berada di lantai 1 gedung BKS-PPS yang nantinya akan direnovasi. Berita Medan, red