Tambahan Pasien Covid Tanah Air Cetak Rekor, Rupiah Justru Lanjutkan Penguatan

Loh, Anggota DPRD Kok Bisa Dapat Bansos?
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Ada beberapa sentimen pasar yang menjadi fokus perhatian saat ini. Pertama tren kenaikan indeks bursa di AS yang bisa saja mendorong kenaikan indeks bursa di tanah air. Kedua ada konflik di laut mediterania antara Turki dengan Yunani, ketiga ada kabar buruk dari semakin banyaknya jumlah penderita covid 19 yang kembali mencatatkan rekor kenaikan tertinggi.

Keempat, rilis data inflasi pada hari ini akan menjadi kabar yang mempengaruhi keputusan investasi investor. “Keempat sentimen tersebut akan menjadi kabar yang mewarnai kinerja pasar keuangan pada hari ini. Namun kabar dari AS serta data inflasi nasional yang akan sangat berpengaruh pada perdagangan hari ini,” ujar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjami di Medan, Sumatera Utara, Senin (31/8/2020).

Sementara ancaman perang antara Turki dan Yunani serta memburuknya jumlah pasien covid di tanah air akan memperngaruhi pasar keuangan dalam jangka waktu menengah. Pada perdagangan pagi ini, IHSG dibuka menguat di level 5.352,38. Pada pagi ini IHSG sempat mendekati level resisten 5.370 namun tidak mampu bertahan lama. Karena IHSG berbalik mendekati level pembukaan.

“Disisi lainnya, Kinerja mata uang Rupiah menguat di level 14.544 per US Dolar di pagi ini. Rupaih sendiri masih bergerak dalam tren positif di pekan ini, walaupun masih akan berada dalam rentang yang tidak terlalu berbeda dari posisi terakhirnya saat ini. Dan pelaku pasar masih harus mewaspadai kemungkinan tekanan pada pasar keuangan dari kemungkinan buruknya sentiment di negara lain,” imbuhnya. Berita Medan, red