Pasar Keuangan Ditutup Zona Positif, IHSG dan Rupiah Tetap Menguat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Sekalipun dibawah tekanan jual investor asing. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) justru mengalami penguatan. IHSG ditutup naik 1.17% di level 5.338,88. Sementara itu, kinerja mata uang rupiah juga menguat di level 14.650 per US Dolar nya.

Hal itu dijelaskan Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Selasa (25/8/2020).

“Pasar keuangan pada hari ini mampu ditutup di zona positif seiring membaiknya kinerja pasar keuangan global yang pada waktu bersamaan juga menguat,” ujarnya.

Penguatan tersebut, lanjutnya, tidak terlepas dari report positif dari perkembangan negosiasi dagang antara china dan AS.

“Sementara itu dari eropa, sejumlah bursanya juga ditutup menguat. Bukan hanya dikarenakan oleh ekspektasi membaiknya ekonomi di negara besar tersebut. Namun penguatan bursa eropa jiga ditopang oleh ekspektasi membaiknya hubungan dagang antara AS dengan China,” paparnya.

Disisi lainnya, perkembangan positif yang ditunjukan oleh progress pengendalian corona juga menjadi salah satu wacana positif yang berkembang belakangan ini.

“Sejauh ini ada beberapa kandidat vaksin yang dinilai akan berhasil dalam tahapan uji klinis yang dilakukan,” pungkasnya. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini