Perdagangan Hari Ini, Rupiah Kembali Terkapar

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini mengalami penguatan dan masih berkonsolidasi di kisaran level psikologis 5.300. Sejauh ini IHSG diperdagangkan di kisaran 5.307,4 atau naik 0.23%.

“Kinerja IHSG sendiri mengalami penguatan seiring dengan masih membaiknya kinerja sejumlah indeks bursa global,” jelas Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin, Medan, Sumatera Utara, Rabu (19/8/2020).

Disisi lainnya, pekan ini menjadi pekan dengan libur panjang yang juga turut membuat sejumlah investor lebih berhati hati dalam berinvestasi.

“Namun, saya melihat mata uang rupiah justru kian terpuruk pada perdagangan hari ini. Mata uang rupiah mengalami pelemahan di kisaran level 14.785 per us dolar,” imbuhnya.

Kinerja rupiah kian terpuruk sekalipun cadangan devisa tembus 135 milyar dolar. Sekaligus mencatatkan rekor tertinggi dalam sejarah.

“Akan tetapi musim pembagian deviden serta tingginya permintaan US Dolar membuat Rupiah melemah di perdagangan hari ini,” kata Gunawan.

Disisi lain, sambungnya, pembicaraan dagang antara China dan AS yang tertunda memunculkan kekuatiran baru bagi pelaku pasar.

“Perang dagang masih menjadi isu panas sejauh ini. Yang membuat tekanan di pasar keuangan belum akan reda,” jelasnya. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini