IHSG Menguat, Rupiah Melemah

IHSG Menguat, Rupiah Melemah
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG pada penutupan perdagangan hari ini menguat meskipun tertekan saat melewati level psikologis 5.300. IHSG ditutup menguat 0.76% di level 5.287,47. Kinerja IHSG membaik seiring dengan membaiknya kondisi bursa global.

“Sementara itu, IHSG juga mengalami penguatan seiring dengan membaiknya persepsi pasar terhadap perkembangan ekonomi dalam negeri. Sekalipun masih dalam ketidakpastian,” ujar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Selasa (18/8/2020).

Pelaku pasar tengah menanti apakah Bank Indonesia nantinya akan kembali memangkas suku bunga acuannya atau tidak.

“Namun menurut hemat saya, ruang untuk menurunkan bunga acuan seharusnya bisa dilakukan seiring dengan masih terjaganya CAD. Meskipun CAD yang terjaga justru menjadi kabar yang kurang baik bagi indikator pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Gunawan.

Namun seiring dengan ekspektasi pemangkasan suku bunga tersebut. Rupiah justru mengalami pelemahan sangat tajam pada perdagangan hari ini.

“Mata uang rupiah melemah di atas level 14.800 per US Dolar. Atau tepatnya dilevel 14.845 per US Dolar. Pelaku pasar masih saja mengkuatirkan kondisi ekonomi nasional. Sekalipun data dari BPS menunjukan ekspor mengalami peningkatan 14.43% secara bulanan,” imbuhnya.

Data tersebut tidak mampu menyelamatkan rupiah. Karena pada dasarnya nilai impor diwaktu yang sama justru mengalami penurunan 2.73%. Berita Medan, red