Djarot Saiful Hidayat : Kebanggaan Warga Sumut, Kaldera Danau Toba menjadi UNESCO Global Geopark

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Paris – Plt Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat menyambut baik keputusan Eksekutif UNESCO yang menetapkan Kaldera Toba di Sumatera Utara sebagai “UNESCO Global Geopark” pada Sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Selasa (7/7/2020).

“Menjadi kebanggaan bagi warga Sumut dan indonesia sekaligus tanggungjawab untuk menjaga, melestarikan dan merawat lingkungan sekitarnya serta mengembangkannya menjadi daerah tujuan wisata utama,” ujar Djarot Saiful Hidayat dalam keterangan persnya pada Kamis (9/7/2020).

Selain menjadi kebanggaan penetapan Danau Toba sebagai warisan Dunia tentu menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat Sumut untuk tetap menjaga kawasan Danau Toba dari kerusakan, dan pemahaman masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan harus terus ditingkatkan

“Peningkatan kualitas SDM warga sekitar tentu harus ditingkatkan terutama dalam hal semangat menjaga ekosistem Danau Toba agar tidak Rusak, contoh paling kecil adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan di Kawasan Danau yang dapat merusak habitat Danau Toba Sendiri,” imbuh Anggota Komisi II DPR RI tersebut.

Djarot Saiful Hidayat Kebanggaan Warga Sumut, Kaldera Danau Toba menjadi UNESCO Global Geopark (2)
Anggota DPR RI Djarot Saiful Hidayat dan istri

Dengan ditetapkannya Danau Toba menjadi warisan Dunia tentu akan meningkatkan kunjungan Wisatawan ke Danau Toba, untuk itu menurut Djarot, Pemerintah harus meningkatkan fasilitas pendukung terutama infrastruktur, dan pemerintah harus pula memiliki program terukur dalam menangani persoalan pelestarian Lingkungan.

“Kualitas infrastruktur pendukungnya serta pelestarian lingkungan alam harus menjadi prioritas pemerintah kedepan, jangan sampai Penetapan Danau Toba sebagai Warisan Dunia tidak menjadi apa-apa,” pungkasnya. Berita Paris, red

 

- Advertisement -

Berita Terkini