BLT Dana Desa Bulan Ketiga di Simalungun Mulai Disalurkan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Simalungun – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang selanjutnya disingkat BLT Dana Desa adalah pemberian uang tunai kepada keluarga tidak mampu di desa untuk mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Sesuai dengan rencana, jadwal penyaluran BLT Dana Desa bulan ke 3 di Kabupaten Simalungun mulai disalurkan pada Minggu pertama (awal bulan) Juli 2020. Demikian disampaikan oleh Arjuna (Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Simalungun).

“Untuk membantu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa mulai disalurkan di Kabupaten Simalungun mulai 3 Juli 2020, agar dapat dimanfaatkan masyarakat dalam menghadapi dampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19),” ujar Arjuna.

Lebih lanjut Arjuna menyebutkan bahwa anggaran BLT Dana Desa di Kabupaten Simalungun terbesar kedua di Sumatera Utara setelah Kabupaten Deli Serdang, yaitu Rp 99,3 Milyar lebih untuk 6 bulan dengan jumlah Keluarga Penerima Manfaat sejumlah 36.719 KPM pada bulan ke 1 dan 36.756 KPM pada bulan ke 2. Untuk 3 bulan pertama setiap KPM menerima Rp 600.000 dan 3 berikutnya menerima Rp 300.000.

Pada penyaluran BLT Dana Desa bulan ke 3 ini, Pemerintah Kabupaten Simalungun menghimbau kepada Pemerintah Nagori (Desa) yang dekat dengan perbankan menggunakan mekanisme penyaluran Non Tunai mengunakan rekening.

Hal ini dalam rangka menghindari kerumunan warga untuk mencegah penularan Covid-19. Sedangkan Nagori yang jauh dari akses perbankan tetap disalurkan Tunai dengan menjalankan protocol kesehatan pencegahan Covid-19. Berita Simalungun, red

- Advertisement -

Berita Terkini