Sentimen Campur Aduk, Pelaku Pasar Galau

Neraca Dagang Indonesia Surplus, IHSG Melemah dan Rupiah Perlahan Terkikis
Gunawan Benjamin

MUDANEWS.COM, Medan – Setelah sempat terombang ambing, IHSG pada akhirnya mampu ditutup menguat 0.02% di level 4.987,77. Kinerja IHSG membaik setelah sempat diperdagangkan diteritori negatif.

Hal demikian dikatakan Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Rabu (17/6/2020).

“Sementara rupiah juga hanya ditutup menguat tipis di kisaran 14.080 per US Dolar. Kinerja pasar keuangan pada hari ini terlihat ragu dalam menentukan arah,” kata Benjamin.

Seiring dengan berimbangnya sentimen positif dan negatif yang membuat pelaku pasar cenderung memilih sikap wait and see.

“Kinerja pasar keuangan yang pada pagi menunjukan tren penguatan, perlahan langsung berbalik arah seiring dengan pernyataan IMF yang lebih pesimis dibandingkan ekspektasi sebelumnya dalam melihat perkembangan ekonomi hingga di akhir tahun ini,” jelas Benjamin.

Namun, kata Benjamin, diperburuk dengan sejumlah sentimen lain diantaranya perang yang memanas di himalaya. Ditambah lagi memanasnya geopolitik di semenanjung korea.

“Dari perkembangan indeks futures di AS, tren penguatannya juga terpangkas di perdagangan sore. Mengindikasikan bahwa saat bursa AS dibuka nantinya akan tetap berpeluang di perdagangkan di zona merah,” jelas Benjamin.