Penutupan Perdagangan Hari Ini, Rupiah dan IHSG Menguat 

Neraca Dagang Indonesia Surplus, IHSG Melemah dan Rupiah Perlahan Terkikis
Gunawan Benjamin

MUDANEWS.COM, Medan – Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG ditutup menguat tajam pada perdagangan hari ini. IHSG naik di level 4.896,45. Atau ditutup naik 3.5%. Kenaikan IHSG masih selaras dengan tren kinerja pasar saham di Asia yang menjadi salah satu pemicunya. Disisi lain mata uang rupiah juga mengalami penguatan di kisaran level 14.090 per US Dolar.

Hal demikian dikatakan Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Selasa (16/6/2020).

“Salah satu motor penggerak pasar belakangan ini datang dari Bank Sentral AS yang akan membeli obligasi korporasi di pasar untuk mendukung pasar keuangan. Pengumuman tersebut sontak membuat pasar keuangan di AS menguat tajam khususnya pasar saham. Di pasar saham Indeks bursa Dow Jones menguat karena pernyataan tersebut,” jelas Benjamin.

Meskipun disisi lain, lanjutnya, kebijakan membeli obligasi oleh Bank Sentral AS tersebut memicu bertambahnya likuiditas US Dolar di pasar keuangan. Yang bisa memicu pelemahan pada mata uang US Dolar. Sentimen yang berkembang lainnya adalah kemungkinan akan tercapainya kesepakatan antara Inggris dengan Uni Eropa terkait dengan Brexit.

“Bulan juli nanti kesepakatan Brexit jika berjalan sesuai harapan akan mengurangi salah satu ketidakpastian pasar khususnya dari benua Eropa dari dalam negeri. Saya melihat tren perkembangan ekonomi di tanah air juga masih belum akan mampu menjadi penopang kinerja pasar keuangan dalam jangka panjang,” terangnya.

Sementara itu, kata Benjamin, Morgan Stanley memberikan outlook yang stabil pada industri perbankan di tanah air. Gambaran tersebut setidaknya memberikan rasa aman bagi pelaku pasar terhadap industri perbankan. “Dikarenakan perbankan menjadi salah satu industri yang paling rentan berhadapan dengan resiko buruk penyebaran Covid-19,|” jelasnya. Berita Medan, red