Kebun Sei Semayang PTPN II, Bersihkan Lahan Guna Tingkatkan Produksi Gula

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Deli Serdang – Guna menunjang produksi gula nasional, Kebun Sei Semayang PTPN II menggelar pembersihan lahan milik PTPN II dari warga masyarakat yang selama ini mengerjakan lahan milik PTPN II tanpa ada izin dari Managemen PTPN II, untuk ditanami kembali tebu, mulai hari Jumat (12/6/2020) pukul 09.30 WIB, sampai dengan Senin (15/6/2020).

Pembersihan digelar di lahan, Kebun Sei Semayang, PTPN II, Dusun Dagang Kumbar, Desa Silebo-lebo, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang.

Direktur PTPN II melalui Menejer Distrik Tebu Arota Telaumbanua, Kabag Pam Aset Imam Subekti, Menejer Kebun Sei Semayang, Ir Bram Sitompul, Kasubbag Humas Sutan BS Panjaitan bersama Kuasa Hukumnya Sastra SH MKn mengatakan, lahan yang dibersihkan tersebut masuk ke Kebun Sei Semayang dengan Sertifikat HGU Nomor 91 yang masa berlakunya sampai dengan Tahun 2028 mendatang, dengan luas 408, 12 Hektar.

“Luas areal yang akan dibersihkan dari pihak masyarakat yang selama ini menguasai lahan milik PTPN II lebih kurang 100 hektar lebih dan perlu disampaikan areal HGU Milik PTPN II, yang telah dibersihkan sampai Sabtu (13/6/2020), seluas lebih kurang 20 Ha, tanah yang sudah dibersihkan langsung dilakukan penanaman bibit tebu,” jelas Arota.

Telah diketahui, PTPN II adalah BUMN yang memproduksi guna kepentingan nasional khususnya masyarakat Sumut. Jadi semua lahan PTPN II yang awalnya penghasil tebu akan ditanami kembali. “Diharapkan agar seluruh elemen masyarakat supaya mengerti dan dapat kiranya meninggal kan areal HGU milik PTPN II yang selama ini dikerjakan masyarakat tanpa ada ijin dari Managemen PTPN II,” terangnya.

Awalnya, masyarakat bermohon kepada PTPN II supaya dapat diberi kesempatan untuk memanen hasil tanaman yang sudah sempat ditanami. Tapi, dari Pihak Managemen PTPN II yang diwakili kuasa Hukum PTPN II Sastra SH MKn tidak dapat memenuhi permohonan warga masyarakat dengan alasan. “Sudah berapa kali PTPN2 menghimbau masyarakat supaya secepatnya meninggalkan lahan untuk ditanami tebu, tapi masyarakat tidak mau dan tanaman masih lama masa panennya,” tegasnya.

Kemudian, PTPN II juga menawarkan tali asih kepada masyarakat sebagai pengganti tanaman yang dibersihkan, tapi pemberian tali asih diberikan setelah adanya kesepakatan dan melengkapi berkas yang diperlukan.

Pembersihan berlangsung aman dengan menggunakan beberapa alat berat, seperti: traktok cangkol, eskapator, traktor juring, red roder, jonder dan TM 150.

Hadir saat pelaksanaan Pembersihan, Kasubbag Pam Aset Nur Kamal, Asisten Umum Kebun Sei Semayang Indra Gunawan, Kepala Papam PTPN II Toto Raharjo,Papamwas Idris, Kabag Ops Polrestabes Medan AKBP A Sinurat, Ka Sat Intel Polrestabes Medan AKBP Ahyan, Ka Subdit Sat Sabahara Polda Sumut Kompol Suyadi, beserta jajarannya yang didukung oleh BKO, Sekuriti PTPN2, Kades Silebo-lebo, Bahagia, Polsek Kutalimbaru, Koramil Kutalimbaru. Berita Deli Serdang, red

- Advertisement -

Berita Terkini