Harun Nasution Optimis Sumut Mampu Swasembada Bawang Merah

Harun Nasution Optimis Sumut Mampu Swasembada Bawang Merah
Wakil Gubsu Musa Rajekshah dan Wakul Ketua DPRD Sumut Harun Nasution

MUDANEWS.COM, Deli Serdang – Swasembada pangan khususnya komoditi bawang merah bisa menjadi program pembangunan pertanian strategis di Sumatera Utara, apalagi jika mampu dipanen tiga kali dalam setahun tentu akan memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap ketersediaan bawang merah bagi masyarakat Sumut.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPRD Sumut, H. Harun Musthafa Nasution saat mendampingi Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah saat meninjau lahan tanaman bawang merah di Desa Liang Pematang, Kecamatan Tigajuhar Kabupaten Deliserdang, Minggu (7/6/2020). Turut serta dalam tinjauan tersebut Wakil Ketua Dewan Riset Daerah Sumut Tohar Suhartono dan Kepala Desa Liang Pematang Bahagia Tarigan.

“Sumatera Utara masih memasok kebutuhan bawang merah dari Brebes, maka saat melihat penduduk Desa Liang Pematang rata-rata mayoritas menanam bawang merah, tentu saya optimis kebutuhan bawang merah di Provinsi Sumatera Utara dapat diatasi,” ujar Harun.

Harun Nasution, sangat mendukung program Pemprovsu untuk meningkatkan ketahanan pangan di Sumatera Utara. Diharapkannya Desa Liang Pematang mampu menjadi pioneer penghasil tanaman bawang merah terbesar di Sumut, mengingat potensi lahannya yang luas dan warganya rata-rata petani bawang merah.

“Ini harus didukung semua pihak, terutama dinas terkait seperti Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara demi swasembada komoditi bawang merah di Sumut,” jelas Harun.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah mengatakan, kita datang ke Desa Liang Pematang ini karena mendengar di sini banyak menghasilkan bawang merah. Jadi kita mau lihat potensi lahan di sini. Kalau memungkinkan seperti ini, kita bisa mengembangkan tanaman bawang merah lebih banyak lagi.

“Kita mau peningkatan panen bawang merah supaya swasembada pangan khususnya bawang serta ketahanan pangan kita juga bisa teratasi untuk tahun-tahun berikutnya. Apalagi suasana Covid-19 ini kita tahu banyak daerah juga sekarang ini menutup atau sedikit memperketat hasil-hasil bumi keluar dari daerahnya. Melihat situasi itu, kita juga harus melakukan langkah-langkah persiapan ke depan,” jelas Ijeck.

Adapun Kepala Desa Liang Pematang Bahagia Tarigan mengapresiasi kehadiran kehadiran rombongan Wagub Musa Rajekshah ke desanya. Sebelumnya juga, dari penuturan Kepala Desa, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga sudah mengunjungi Desa Liang Pematang.

Dengan keoptimisan Wagub, bahwa Sumut bisa swasembada pangan khususnya bawang merah, Bahagia Tarigan pun turut yakin hal ini bisa terwujud. Mengingat memang banyak dataran tinggi di Sumut yang bisa digali potensinya. Berita Deli Serdang, red