Bupati Ciamis, Serahkan Bantuan Restocking 400.000 Benih Ikan Nila

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Ciamis – Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, M.M., menyerahkan bantuan restocking 400.000 benih Ikan Nila, dan Patin, kepada UPTD, dan Paguyuban Perikanan Ciamis, bertempat di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Rabu (03/06/2020).

Tujuan Restocking Ikan, sebagai upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum.

“Prioritas yang di restocking yaitu wilayah perairan yang dianggap telah mengalami penurunan stok, karena tingkat kemanfaatan oleh masyarakat,” kata Herdiat sapaan akrab Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, M.M,.

Selain itu, program ini juga sebagai realisasi misi Pemerintahan Kabupaten Ciamis, terkait membangun perekonomian berbasis pemberdayaan masyarakat, ekonomi kerakyatan, dan potensi unggulan lokal.

“Dengan restoking benih ikan ini, semoga bisa meningkatkan populasi ikan diperairan umum yang saat ini berkurang, dan pemanfaatannya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” ucap Herdiat.

Bupati Ciamis, Serahkan Bantuan Restocking 400.000 Benih Ikan Nila
Bantuan Restocking 400.000 Benih Ikan Nila

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan, dan Ketahanan Pangan, Kabupaten Ciamis, Syarif Nurhidayat, mengungkapkan bahwa restoking benih ikan ini sebagai upaya melestarikan keanekaragaman sumberdaya ikan, dan meningkatkan populasi ikan di perairan umum.

“Restoking ikan juga bertujuan untuk meningkatkan produksi ikan diperairan umum, guna memenuhan gizi masyarakat, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perairan umum melalui peningkaran yang meraya, dan kesempatan kerja tambahan dari sektor perikanan,” ujarnya.

Syarif, menjelaskan Benih ikan berasal dari Cabang Dinas Kelautan, dan Perikanan Wilayah Utara Subang, Dinas Kelautan, dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, yang didapat atas usulan proposal Disnakkan Kabupaten
Ciamis.

“Benih ikan tersebut akan ditebar di Perairan umum seperti Sungai, Danau Waduk, Cekdam, Rawa, dan genangan perairan lainnya,” jelasnya.

“Rencananya restoking ikan akan dilaksanakan pada 30 lokasi perairan umum di Kabupaten Ciamis,” tambah Syarif. Berita Ciamis, BQ

- Advertisement -

Berita Terkini