Kartu Pra Kerja Dibuka Hari Ini, Menu Pendaftaran Belum Tersedia

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Menu pendaftaran kartu prakerja dalam laman resmi www.prakerja.go.id belum tersedia hingga Sabtu siang (11/4). Padahal sesuai jadwal pendaftaran program tersebut dibuka hari ini.

CNNIndonesia.com mencoba mengakses laman tersebut pukul 13.25 WIB. Akan tetapi, website itu hanya menampilkan menu tentang kami yang berisi informasi soal kartu prakerja serta menu blog yang berisi tautan tips terkait pekerjaan. Pada website tersebut belum ditemukan pilihan pendaftaran.

CNNIndonesia.com telah menghubungi Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari untuk mengkonfirmasi hal tersebut. Namun, yang bersangkutan belum memberikan jawaban. Jadwal pendaftaran kartu prakerja ini telah mundur dari semula pada Kamis (9/4).

Saat itu, Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky menjelaskan molornya pembukaan pendaftaran tersebut karena pihaknya masih perlu memastikan persiapan teknis situs tersebut.

Utamanya, kata dia, langkah mitigasi apabila terjadi kendala-kendala teknis pada saat pendaftaran dimulai.

“Kami tidak ingin nantinya ada pendaftar yang kecewa karena kendala teknis,” ujarnya pada Kamis (9/4) lalu.

Tak hanya itu, laman tersebut sempat mengalami kendala teknis pada Kamis pukul 14.00 WIB. Saat diakses, tulisan yang muncul justru keterangan Error 502 Bad gateway.

Panji mengimbau kepada masyarakat untuk mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan sehingga memudahkan saat mendaftar nantinya. Kendati terdapat perubahan tanggal, ia memastikan jadwal pendaftaran masih sesuai dengan rencana awal yaitu situs akan beroperasi secara menyeluruh pada minggu kedua April.

“Seperti data diri, NIK, nomor handphone, email, dan sebagainya agar dapat sukses mendaftar di situs resmi tanggal 11 April nanti,” ujarnya.

Pemerintah akan menyalurkan Kartu Pra Kerja kepada 5,6 juta orang terdampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) serta pekerja informal yang pendapatannya tertekan akibat pandemi virus corona.

Selama wabah Covid-19 berlangsung, pemerintah mengerek jumlah insentif bagi penerima kartu prakerja menjadi Rp1 juta per bulan dari sebelumnya yang hanya Rp650 ribu per bulan. Namun, setelah pandemi ini reda, maka pemerintah akan mengembalikan skema program kartu prakerja seperti semula.

Artinya, penerima program itu hanya akan mendapatkan honor insentif sebesar Rp650 ribu per bulan dan biaya pelatihan Rp5 juta.

Dengan kuota 5,6 juta penerima, maka laman prakerja.go.id akan menampung kuota pendaftaran untuk 164 ribu orang tiap minggunya.

Sumber : CNN Indonesia

- Advertisement -

Berita Terkini