Manfaatkan Pohon Sawit, Diolah Jadi Gula Aren
Jumaindra sedang mengelola sawit jadi gula aren

MUDANEWS.COM, Langkat – Indonesia kaya alamnya & sangat produktif terlebih dapat dikembangkan dalam peningkatan ekonomi masyarakat menengah ke bawah. Salah satu kekayaan alam itu bernama Sawit, ternyata pohon sawit tidak hanya diambil buah atau lidinya saja ternyata dapat juga dibuat gula sawit atau gula merah.

Nah, seorang pengrajin usaha gula aren sawit Jumaindra alias Gondrong saat ditemui MUDANEWS.COM di Kelurahan Tangkahan Durian Kecamatan Brandan Barat Kabupaten Langkat, Senin (2/12/2019).

“Proses pembuatan gula aren sawit dimulai dari memanfaatkan pohon sawit yang di tumbang atau replanting. Kemudian membersihkan dahan sawit hingga pucuknya, bersih lalu pucuknya di potong hingga nampak umbut sawitnya lalu dimulailah menyadap air nira sawit ini, pengolahan air nira sawit ini dilanjutkan dengan memasak niranya hingga mengental dan ini di sebut madu,” jelas Jumaindra.

Ia menambahkan, madunya di angkat lalu masak gula putih sebagai bahan pengeras gula aren sawit in, setelah gula putih masak campurkan dengan madu arent sawit ini. Kemudian dicetak dengan memanfaatkan potongan bambu dan dinginkan maka jadilah gula aren sawit ini dan segera dapat di pasarkan.

“Harga jual gula aren sawit ini lebih ekonomis di banding gula aren dari pohon aren yang ada, harga gula aren sawit di pembuat Rp.13.000 sd Rp.14.000/Kg nya. Kita berharap pemerintah Kabupaten Langkat dapat mendukung usaha ini,” ungkap Syafril.

Langkat memiliki lahan sawit yang begitu luas sehingga usaha kecil ini dapat diberdayakan hingga berkembang pesat nantinya. “Dukungan dan partisipasi pemerintah kabupaten Langkat sangat dibutuhkan dalam upaya peningkatan usaha ini,” tutupnya. Berita Langkat, red