ISNU Langkat, Mengharapkan Adanya Transparansi Anggaran APBD Kabupaten
Ketua PC ISNU Kabupaten Langkat Dhevan Efendi Rao, SH. S.Pd

MUDANEWS.COM, Langkat – JSC | 3 years ago. Untuk menerapkan prinsip tata kelola pemerintahan yang demokratis, transparan dan akuntabel, perencanaan pembangunan di Langkat perlu dilakukan dengan efektif dan efisien. Oleh karena itu, sangat diharapkan adanya program Pemerintah Kabupaten Langkat menyusun sistem perencanaan pembangunan daerah yang meliputi pengelolaan rencana pembangunan jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan.

Secara Online dan transparan bisa diakses oleh publik, Hal tersebut diatur melalui Peraturan Pemerintah No : 58 Tahun 2005 tentang keuangan negara harus rapi dan tertib administrasi.

Buya Dhev selaku Ketua Umum PC ISNU Kabupaten Langkat menyampaikan pentingnya sistem informasi komunikasi dan ilmu akuntansi secara langsung dengan sistem program @E-Budgeting adalah sistem penyusunan anggaran secara elektronik, melalui penggunaannya di sektor pemerintahan diharapkan mampu memproteksi pelaksanaan penganggaran di Indonesia.

“Penerapan sistem ini sesuai dengan semangat Peraturan Pemerintah nomor 58 tahun 2005 yang menyatakan bahwa keuangan daerah harus dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang – undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggung jawab dengan memperhatikan keadilan, kepatutan, dan manfaat untuk masyarakat,” ungkapnya.

Pengertian Transparansi dalam PP 58/2005 ini diartikan sebagai prinsip keterbukaan yang memungkinkan masyarakat untuk mengetahui dan mendapatkan akses informasi seluas-luasnya tentang keuangan daerah dan diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006.

Mengapa @e-Budgeting ?

Penggunaan @e-Budgeting dapat meringkas proses–proses yang ada seperti mempersiapkan data standar harga satuan, pembagian bagian anggaran, merancang usulan-usulan kegiatan beserta rincian anggarannya oleh masing-masing unit satuan kerja, pembahasan internal maupun dengan DPRD Kabupaten Langkat setelah melalui satu kali atau lebih revisi terbentuklah suatu rencana anggaran yang bisa diterima oleh semua pihak dan dapat menunjukkan arah pembangunan.

1. Efektif
Sebagai produk sistem informasi dirancang sesuai dengan kebutuhan pemerintah daerah kabupaten Langkat berdasarkan tugas, pokok, dan fungsi yang diamanatkan undang-undang dan peraturan yang berlaku. Selain itu teknologi sistem di dalamnya menghasilkan data dan informasi yang akurat. Sehingga secara langsung dapat membantu kerja aparatur sipil negara dan kinerja OPD secara umum.

2. Efisien
Dari mulai perhitungan, penambahan, pengurangan, perumusan, serta penyusunan tabel dapat terotomatisasi dalam @e-Budgeting, sehingga bukan saja waktu yang dapat dihemat namun juga tenaga dan biaya

3. Adaptif
@e-Budgeting dapat dimodifikasi menyesuaikan dengan dinamika pemerintahan terutama yang diakibatkan oleh perubahan ataupun penambahan perundangan dan peraturan yang berlaku

4. Aman
Penggunaan sistem yang termutakhir dan otorisasi pengguna berlapis membuat @e-Budgeting aman dari pelanggaran privasi

5. Informatif

@e-Budgeting menghasilkan beragam laporan yang dibutuhkan secara cepat dan akurat. Laporan yang dihasilkan tidak saja berguna untuk menyelesaikan kewajiban dalam pertanggungjawaban, namun berguna sebagai bahan dalam pengambilan keputusan

6. Integratif
Mengingat pengelolaan keuangan daerah yang secara global bersifat kesatuan, maka @e-Budgeting sengaja diciptakan terbuka untuk berintegrasi dengan produk aplikasi keuangan perusahaan kami.

7. Interoperabilitas

@e-Budgeting memiliki kapabilitas antarmuka untuk berinteraksi dan berfungsi dengan produk atau sistem lain tanpa batasan akses atau implementasi, Paket Layanan Tambahan Asistensi.

@e-Budgeting yang telah terpasang dapat diikuti dengan bantuan layanan akuntan dan implementator dalam rangka menghasilkan laporan yang dibutuhkan dari awal hingga akhir laporan keuangan. Pelatihan Kami menyediakan pelatihan untuk memenuhi kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) akan peningkatan pemahaman akuntansi keuangan serta penajaman kemampuan mengoperasikan aplikasi akuntansi keuangan dalam rangka kesuksesan menghasilkan pertanggungjawaban pelaporan keuangan pemerintah daerah.

Integrasi Produk aplikasi kami sengaja diciptakan dinamis dan terbuka sehingga mampu beradaptasi dengan kebutuhan yang dapat berubah sewaktu-waktu. Oleh sebabnya kami menyediakan layanan penggabungan atau peleburan beberapa sistem yang masih produk perusahaan kami kedalam satu paket.

Interoperabilitas Kami melayani penyambungan akses dari produk sistem kami ke produk sistem lain seperti milik pemerintah pusat misalnya yang antar mukanya (interface) dapat berinteraksi dan berfungsi untuk berbagai keperluan tentang Sistem Perencanaan Pembangunan dan Penganggaran Terpadu. Usulan langsung menggunakan @e-Musrenbang untuk merumuskan Rencana Pembangunan Tahunan Daerah yang selanjutnya disebut Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Produk dari kegiatan tersebut adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode satu tahun.

Usulan kegiatan warga yang disalurkan melalui forum rembug RT/RW/Lingkungan/Dusun bisa menggunakan login ketua RW untuk diinput ke dalam sistem e-Musrenbang. Sedangkan musrenbang Kelurahan, Kecamatan, Kota/ Kabupaten menggunakan dua sistem sekaligus yaitu @e-Musrenbang untuk supervisi dan validasi kegiatan usulan warga yang akan ditampung di Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten, serta @e-Budgeting untuk input rencana kerja Kelurahan, Kecamatan, dan Kota/ Kabupaten. Transfer kegiatan dari @e-Musrenbang ke @e-Budgeting dilakukan secara online.

Seluruh proses input dan perubahannya terekam dalam sistem @e-Musrenbang dan @e-Budgeting, lengkap dengan nama penginput serta waktu input data secara detail meliputi jam, tanggal, dan tahun. Selain itu, penginputan data ke dalam sistem @e-Musrenbang dan @e-Budgeting juga dilengkapi dengan berita acara hasil pembahasan dengan DPRD yang ditandatangani bersama oleh seluruh jajaran TAPD, Banggar dan komisi-komisi yang terlibat.

“Daerah Kabupaten Langkat sangat besar letak geografis dan luasnya dengan APBD Kabupaten Langkat 2020 yang cukup besar 1,9 Teriliyun maka diperlukan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi secara langsung online keterbukaan informasi publik kepada masyarakat kabupaten Langkat agar transparansi,” harap PC ISNU Kabupaten Langkat.  Berita Langkat, red