Kadis PMD Sumut: Melalui PID Kembangkan Produk Unggulan Desa Inovatif

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Satuan Kerja P3MD pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa (PID) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 pada tanggal 7 – 10 Oktober 2019 di Hotel Grand Antares Jalan Sisingamangaraja Medan. Kegiatan Rakor dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan penyaluran dan penggunaan DOK Bantuan Pemerintah Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa.

Rapat Koordinasi PID dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas PMD Provinsi Sumatera Utara Bapak Ir H Aspan Sofian, MM pada Senin Malam didampingi KPP KPW 1 Sumut Ir Afdi Marwan. Dalam arahannnya Kadis PMD Sumut berharap kepada pelaku-pelaku Program Inovasi Desa baik ditingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa bersinergi agar pelaksanaan PID 2019 sesuai dengan tahapan dan selesai tepat waktu.

Selain itu Aspan Sofian meminta kepada semua Kabupaten/Kota yang melaksanakan program inovasi desa dapat menampilkan hasil-hasil inovasi desa dan mengembangkan produk unggulan desa inovatif di daerah masing-masing.

“Mari kita kembangkan produk unggulan desa di daerah masing-masing dan kita promosikan,” pinta Aspan Sofian kepada peserta Rakor.

Ajakan Kadis PMD Sumut sejalan dengan tujuan Program Inovasi Desa untuk meningkatkan kapasitas desa dalam mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa yang bersumber dari Dana Desa (DD) secara lebih berkualitas melalui pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa, replikasi dan/atau adopsi kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa yang inovatif.

Hal senada disampaikan oleh peserta rakor, Arjuna (TA-PP) P3MD – PID Kabupaten Simalungun, menyampaikan bahwa Pengelolaan Pengetahuan Inovasi Desa (PPID), yaitu kegiatan pendokumentasian, penyebarluasan dan pertukaran praktek pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang inovatif dengan tujuan memberikan inspirasi kepada Desa untuk memperbaiki kualitas perencanaan dan pembangunan Desa.

Kadis PMD Sumut: Melalui PID Kembangkan Produk Unggulan Desa Inovatif
Peserta Rakor PID Sumut 2019 semangat mendengarkan materi dari Nara Sumber

Ketua pelaksana Rakor PID Sumut 2019, Bapak Timbul, SH melaporkan bahwa peserta Rakor PID diikuti oleh Dinas PMD Kabupaten/Kota selaku Koordinator Program Inovasi Desa, Perwakilan anggota TIK, Tenaga Ahli P3MD-PID Kabupaten/Kota, Perwakilan Camat, dan Perwakilan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID).

Dalam kegiatan Rakor juga menghadirkan pelaku inovasi desa, Praktik Baik Pelaksanaan Inovasi Desa, antara lain: pengelolaan BUMDesa, pengelolaan Sistem Informasi Desa (SID), pengelolaan Wisata Desa, dan Pengembangan Ekonomi Lokal Desa. #SalamInovasi Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini