Pantai Sorake di Nias, Ini Kata Sihar Soal Keindahannya

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Nias Selatan – Ombak yang indah dan karang yang sangat bagus di Sorake merupakan nilai jual utama dalam pengembangan pariwisata di Nias Selatan (Nisel). Aset pariwisata tersebut merupakan salah satu tawaran solusi untuk membangun Nisel dengan lebih baik.

Itulah yang diungkapkan Calon Wakil Gubernur Cawagub nomor urut dua Sihar Sitorus saat mengunjungi Sorake di Nisel, sambil tak berhenti berdecak kagum memandangi keindahan alamnya. Pantai Sorake menurut wakil dari Djarot Saiful Hidayat tersebut merupakan surganya bagi pencinta surfing atau selancar. Karena memiliki ombak yang sangat bagus untuk digunakan para peselancar. Namun keindahan tersebut, menurut Sihar harus disempurnakan dengan pembenahan. Misalnya penyediaan fasilitas air bersih, serta sanitasi untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Lelaki yang bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumut 2018 tersebut mengatakan bahwa potensi itu harus dilihat sebagai peluang, serta bisa dipasarkan secara luas. “Ombak sangat bagus untuk selancar. Selain itu Pantai Sorake ini sangat unik karena tidak ditemukan pasir yang melandai, dimana pantai pada umumnya, yang ada adalah batu karang yang bertebaran. Terumbu karang yang ada di pantai ini sangat indah untuk dipandang,” katanya, Selasa (10/4/2018).

Calon yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut menambahka, pariwisata tersebut juga harus berkontribusi langsung kepada masyarakat. Contohnya masyarakat harus dibina dan dikembangkan untuk mengelola homestay, menyediakan fasilitas pariwisata lain, seperti pusat jajanan dan souvenir. Serta terbuka kepada pendatang.

Disisi lain, jika masyarakat sudah menerima dampak langsung, maka mereka juga akan tumbuh bersama dengan investor. Contohnya jika ada hotel, maka tidak dianggap sebagai kompetitor melainkan sebagai mitra pengembangan pariwisata. “Dan ini menarik, karena anak-anak di sini juga sudah pandai berselancar dan dapat memandu wisatawan,” katanya.

Dolin Way yang merupakan pelaku usaha di Sorake mengatakan bahwa gagasan Sihar Sitorus dinilai sangat tepat untuk pengembangan pariwisata. Saat ini mereka terus berjuang untuk pengembangan-pengembangan yang dapat menunjang pariwisata di daerah ini. Termasuk pengembangan bakat-bakat lokal. “Namun hal itu tentunya harus tetap didukung dengan sarana dan parasana yang baik. Akses yang baik dan pendukung pelayanan pariwisata yang baik juga. Kita yakin itu akan terwujud nantinya,” katanya. Berita Nias Selatan, MN

- Advertisement -

Berita Terkini