Kementerian Perindustrian Dorong Pengembangan 10 Industri Berorientasi Ekspor

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com, Jakarta – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ketika memberikan keynote speech pada Seminar Nasional dengan tema Move On Competitive Advantage Indonesianyang diselenggarakan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran di Jakarta, Sabtu (25/2) mengatakan bahwa Kemenperin terus mendongkrak potensi industri dalam negeri.

Misalnya dalam memperdalam struktur dan rantai nilai manufaktur melalui hilirisasi agar meningkatkan nilai tambah atas setiap sumber daya alam yang dihasilkan.

Airlangga menyebutkan, saat ini Kementerian Perindustrian sedang mendorong pengembangan 10 industri yang berorientasi ekspor.

“Kami juga sedang mendorong pengembangan sepuluh industri padat karya yang berorientasi ekspor seperti industri alas kaki, industri pengolahan ikan dan rumput laut, industri furniture kayu dan rotan, serta industri kreatif,” sebutnya.

Menperin menegaskan, upaya-upaya tersebut akan didukung dengan penguatan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan vokasi yang ­link and match antara SMK dengan industri.

Selain itu, dilakukan lewat pelatihan industri berbasis kompetensi yang dikembangkan dengan sistem 3 in 1 (pelatihan-sertifikasi-penempatan kerja), dan pemagangan industri.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini