Jenazah Ulama Kharismatik Aceh, Tu Sop, Disambut Haru Masyarakat Aceh 

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM – BANDA ACEH      |  Iringan lantunan selawat menggema di Masjid Raya Baiturrahman(MRB) Banda Aceh, Sabtu (7/9/2024), saat menyambut kedatangan peti jenazah Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab (Tu Sop). Kabar wafatnya ulama kharismatik sekaligus bakal calon wakil gubernur Aceh ini membuat masyarakat Aceh berduka dan berkumpul di MRB untuk ikut menshalatkan jenazah.

Sebelumnya Jenazah Tu Sop dipulangkan dari Jakarta menggunakan maskapai Garuda Indonesia, tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, sekitar pukul 17.00 WIB. Setibanya di Banda Aceh, jenazah langsung dibawa ke MRB, tiba sekitar pukul 20.45 WIB, tepat setelah pelaksanaan shalat Isya.

Jemaah yang memenuhi masjid turut melantunkan selawat dan banyak di antara mereka tampak meneteskan air mata. Mereka yang hadir datang dari berbagai kalangan, termasuk ulama, tokoh Aceh, serta sejumlah pejabat seperti Pj Gubernur Aceh, Safrizal Za, yang ikut dalam prosesi salat jenazah.

Dalam tausiyah singkatnya, Safrizal menyampaikan penghormatan terhadap jasa-jasa Tu Sop dalam pembangunan Aceh, terutama di bidang agama. Ia juga mengajak masyarakat untuk mendoakan almarhum, yang merupakan Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (Huda).

“Semoga ilmu-ilmu yang telah disampaikan kepada kita, baik melalui media sosial dan langsung, dilipatgandakan oleh Allah. Semoga guru kita dilapangkan kuburnya,” ucap Safrizal sebagaimana dikutip dari *Kompas.com*.

Usai prosesi salat jenazah di MRB, jenazah Tu Sop dibawa ke Bireuen untuk disalatkan di Dayah Mudi Mesra dan Dayah Darul Munawarah Kuta Krueng. Prosesi terakhir akan dilakukan di kediaman almarhum di Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb, pada Minggu(8/9/2024) pukul 09.00 WIB.

Diketahui, Tu Sop adalah seorang ulama yang dikenal sangat aktif berdakwah di berbagai wilayah Aceh. Pada Pilkada Aceh 2024, ia turut mendampingi Bustami Hamzah sebagai bakal calon wakil gubernur.**(tz)

Berita Terkini