Pemkab Aceh Tamiang Gelar Gerakan Pangan Murah Jelang Idul Adha

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM – Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Pangan Kelautan dan Perikanan bekerja sama dengan Dinas Pangan Aceh menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Halaman Kantor Datok Penghulu Kecamatan Kota Kualasimpang, Selasa(11/6/24).

Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra, dalam sambutannya mengatakan bahwa GPM ini merupakan momentum yang tepat untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sembako dengan harga yang lebih terjangkau.

“Pada gerakan pangan murah ini, selisih harga yang didapatkan masyarakat sangat lumayan, sekitar 60 ribu per paketnya,” ujar Pj. Bupati Asra.
Lebih lanjut, Pj. Bupati Asra menjelaskan bahwa tugas pokok pemerintah adalah menyediakan komoditas yang dibutuhkan masyarakat. Ia yakin dengan kerjasama semua pihak, inflasi di Aceh Tamiang akan lebih terkendali dan masyarakat akan lebih sejahtera.
“Gerakan ini diharapkan bisa membantu masyarakat Aceh Tamiang,” sebutnya.
Sebelum membuka kegiatan GPM, Pj. Bupati Asra telah melakukan inspeksi mendadak (sidak)  pasar untuk mengetahui harga sembako di pasar pagi Kota Kualasimpang dan pasar pagi Upah.
Dari hasil sidak, tidak terdapat lonjakan harga yang signifikan, hanya terdapat perbedaan harga pada minyak goreng tergantung harga dari penjual.
“Kita sebagai pemerintah harus terus menjaga stok pangan agar harga tidak mengalami lonjakan menjelang Idul Adha,” ujar Pj. Bupati Asra.
Sementara itu Perwakilan Dinas Pangan Aceh, Salman, dalam laporannya mengatakan bahwa GPM di Aceh Tamiang telah berulang kali dilakukan. Hal ini menunjukkan peran aktif Pemerintah Daerah dalam menekan angka inflasi.
“Aceh Tamiang menjadi indikator inflasi Aceh. Tapi kami yakin dengan kerjasama semua pihak, inflasi akan terus berkurang,” ucapnya.
Pada GPM kali ini, tersedia berbagai bahan pokok dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran. Berikut adalah daftar harga bahan pokok yang dijual pada GPM diantaranya,  Beras (5 kg): Rp. 47.000. Gula (2 kg): Rp. 28.000. Minyak goreng (2 liter): Rp. 32.000. Telur ayam (1 papan): Rp. 43.000. Bawang merah (½ kg): Rp. 18.000 dan cabe merah (½ kg): Rp.23.000.
“Kita akan berupaya kegiatan itu terus dilakukan agar dapat membantu meringankan masyarakat,” pungkas Salman.
GPM ini dihadiri oleh unsur Forkopimda, Kepala DPKP beserta jajaran, para Kepala OPD, Camat Kota Kualasimpang bersama unsur Forkopimcam, para datok penghulu se-kecamatan Kota Kualasimpang, dan ratusan warga yang antusias berbelanja.**
- Advertisement -

Berita Terkini