MUDANEWS.COM, Aceh Timur – Bupati Aceh Timur H. Hasbllah Bin H.M Thaib, S.H menyebutkan, TNI, Polri dan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur siap menanggulangi apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal tersebut disampikan oleh Rocky panggilan Bupati Aceh Timur usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) secara virtual di Aula Wira Satya Polres Aceh Timur bersama Foropimda Aceh, Selasa, (23/3/2021).

Rocky mengatakan pihaknya bersama TNI (Kodim 0104 Atim) dan Polri (Polres Aceh Timur), BPBD, Dinas Kesehatan telah menyiapkan enam pos, 11 mobil pemadam kebakaran, lima mobil tangki air juga sejumlah kendaraan (sepeda motor) dinas Bhabinkamtibmas yang dimodifikasi menjadi alat pemadam kebakaran.

“Kami siap siaga penuh dalam menanggulangi terjadinya karhutla diwilayah hukum Polres Aceh Timur, diantaranya kami membuat pos pos, juga mempersiapkan sarana dan prasana penanggulangan karhutla di beberapa wilayah yang rawan terjadi karhutla. Termasuk memanfaatkan waduk yang berdekatan dengan lokasi rawan kebakaran, seperti waduk Jambo Aye dan waduk Jambo Reuhat,” jelas Bupati Rocky.

“Bencana kebakaran tentunya akan merugikan banyak pihak seperti asapnya membuat polusi udara, juga akan mengganggu aktifitas Makhluk hidup yang tinggal disekitarnya seperti satwa liar terlebih lagi hutan perlu dilestarikan karena hutan merupakan salah satu pusat penghasil oksigen serta tempat hidup dan berkembangya hewan-hewan yang berada di daerah hutan tersebut,” demikian pungkas Rocky.

Sebelumnya, Forkopimda Aceh Timur mengikuti Rapat Koordinasi tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) se Provinsi Aceh bersama Forkopimda Aceh yang dipimpin langsung oleh Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, M.T. dengan didampingi Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Achmad Marzuki dan Kapolda Aceh Irjen. Pol. Drs. Wahyu Widada, M.Phil.

Dalam Kegiatan Rakor tersebut membahas terkait penanganan Karhutla di Provinsi Aceh serta upaya-upaya yang ditempuh dalam penanganannya. (Iwan)