Aceh Timur Terima Mahasiswa KPM Dari Pascasarjana UIN Ar-Raniry

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Aceh Timur – Mahasiswa Pascasarjana dari kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan kuliah pengabdian masyarakat (KPM) di Kecamatan Madat, Aceh Timur sejak 14-17 Maret 2021 .

Kegiatan yang diikuti 47 Mahasiswa Pascasarjana dan dosen itu disebarkan dalam tiga Kecamatan, diantaranya, Madat, Pante Bidari, dan Simpang Ulim.

Pemerintah Kabupaten Aceh Timur menyambut baik kegiatan UIN Ar-Raniry, pasalnya pengabdian ini sangat membantu masyarakat Aceh Timur dalam meningkatkan pengetahuan dalam memacu pembangunan Gampong.

“Inilah arti dari Tridharma perguruan tinggi bagaimana pengetahuan yang telah ditempa di Kampus tidak hanya dijadikan untuk diri mahasiswa saja akan tetapi juga diabdikan kepada kepentingan masyarakat luas,” imbuh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Timur Aiyub, SKM, M.Si dalam sambutannya, Senin (15/3/2021).

Aiyub mengharapkan kegiatan itu mampu mendongkrak pembangunan di Gampong dan dapat mencetak kader kader potensial dalam pembangunan di ditingkat Gampong.

“Kita berharap mahasiswa yang mengabdikan ini mampu mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat. Begitu juga dalam menyampaikan informasi dapat dikemas dengan komunikasi yang jelas ditengah masyarakat. Jangan terjadi ketimpangan pemahaman.
Karena pemahaman antara pemberi informasi dan penerima itu berbeda,” pungkas Aiyub seraya berharap kerjasama pemkab Aceh Timur dan UIN Ar-Raniry terus berlanjut.

Sementara Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry Prof. Dr. H. Mukhsin Nyak Umar, MA mengatakan kuliah Pengabdian masyarakat merupakan Pengabdian Soft Skill Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh Kepada Masyarakat Aceh Timur, pihaknya sengaja memilih wilayah Aceh Timur sebagai bentuk kontribusi keilmuan kepada masyarakat.

“Aceh Timur dan Khususnya kecamatan Madat punya potensi sumberdaya alam yang luar biasa. Pengabdian ini bukan untuk bukan untuk menggurui, tapi kita berbagai pengalaman, Jika pengetahuan ilmu teknologi dikolaborasikan dan agama ini akan mencapai tujuan pendidikan yang baik,” kata Prof Mukhsin.

Prof Mukhsin menjelaskan Pascasarjana UIN Ar-Raniry memiliki 7 prodi yang telah terakreditasi B, bahkan mereka juga miliki program Doktor dengan memiliki 2 prodi yang telah terakreditasi.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan pemberdayaan  kepada  masyarakat  dalam konteks  keilmuan dalam tatanan islam seperti masalah hukum keluarga, zakat, pendidikan dan komunikasi Islam. Lebihnya lagi Kita disini menghadirkan narasumber yang ahli dari program  pasca dan doktor,” katanya.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diusung dengan tema kontribusi Keilmuan Peradaban dalam Membina Ketahanan Masyarakat Gampong.Selama Pelaksanaan kegiatan akan diisi dengan berbagai Pelatihan seperti Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Pembangunan Gampong, Penyuluhan Tentang Penguatan Kelembagaan Baitul Mal Gampong, Leterasi Wakaf dan Gadai.

Selanjutnya pelatihan menyasar pada penguatan Penerapan Syariat Islam Kepada Aparatur Gampong, Metodologi Tafsir dan Takhrij Hadist, Penyuluhan dan Penguatan Akidah
Penyuluhan Keluarga Samara.

Sementara segi pendidikan pihak kampus juga memberikan pelatihan penulisan karya ilmiah pada guru pendidikan agama, hingga Pelatihan Metode Pembelajaran Penguatan Akidah Kepada Guru, Pelatihan Metode Pembelajaran Bahasa Arab Kepada Guru Bahasa Arab Tingkat Menengah dan Atas (SMP/MTsn dan SMA/Aliyah).

“Semoga Silabus yang telah kita desain tercapai dengan maksimal,” imbuh Prof Mukhsin.(Iwan)

 

- Advertisement -

Berita Terkini