Gubernur Tengku Erry usai menandatangani MoU
Gubernur Tengku Erry usai menandatangani MoU
Laporan: Dhabit Barkah Siregar
MUDANews.com, Medan (Sumut) – Nota kesepahaman (MoU) telah ditandatangani Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dengan Pemko Medan, Binjai, Deli Serdang Langkat (Mebidangla), PT Garuda Indonesia, PT Bank Syariah Mandiri (BSM) dan Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene ‘Penyehatan Lingkungan Untuk Semua’ (IUWASH PLUS) di Aula Martabe Kantor Gubsu, Jalan Diponegoro, Kecamatan Medan Baru, Kamis (12/1). Hal itu dilakukan agar masing-masing daerah bisa bersinergi dalam menyediakan fasilitas air dan lingkungan bersih, serta sarana transportasi yang mendukung.
Penandatangan MoU ini dihadiri Gubsu, Ir HT Erry Nuradi MSi, Walikota Medan Dzumi Eldin, Walikota Binjai M Idaham, Wakil Bupati Langkat Sulistianto dan Sekda Deliserdang Asrin Naim. Juga, Vice President PT Garuda Indonesia Region Sumatera Syamsuddin Jusuf Souib, Pawning Group Head PT Bank Syariah Mandiri Dian Faqihdien Suzabar, Enviromental Office USAID Indonesia dan Foort Bustraan USAID-IUWASH Plus Mrs Heather D Agnes, Konjen Amerika Serikat Juha P Salin dan Kepala SKPD Provsu.
Erry mengatakan, Mebidangla memiliki populasi penduduk mencapai 40 persen dari total penduduk di Sumut. Tentunya, dengan jumlah penduduk tersebut dibutuhkan sinergitas antara masing-masing kabupaten/kota.
“Tentunya kepala Daerah, Bupati dan Walikota harus bersinergi. Jangan sampai misalnya kalau ada masalah-masalah yang berhubungan air bersih kemudian akan timbul ego sektoral. Itukan tidak boleh, karena ini kan’ masyarakat Sumut juga. Apalagi yang berhubungan dengan pelayanan kemanusian seperti kesehatan atau yang berhubungan dengan transportasi dan lain-lain. Itu harus sinergi kita,” ujar Gubsu.
Menindaklanjuti program Mebidangla yang telah diatur Pemerintah Pusat dan telah mendapatkan Keputusan Presiden (Keppres), karenanya MoU itu menjadi tindaklanjutnya. Dalam perjalanannya, ada beberapa tahap yang dipersiapkan masing-masing daerah terkait dengan persampahan, perumahan, penyediaan air bersih dan bidang-bidang lainnya.
Sebelumnya, Ketua Panitia sekaligus Asisten Administrasi Pemerintahan Sekdaprovsu, Jumsadi Damanik mengatakan, ada empat kesepakatan yang ditandatangani, yakni tentang jejaring sistem rujukan kegawatdaruratan ibu dan bayi lahir dengan substansi antara Pemprovsu dan Mebidangla. “Ada empat MoU yang ditandatangani, termasuk discount tiket pesawat untuk PNS di Pemprovsu,” sebutnya.
Sedangkan MoU antara Pemprovsu dan BSM berupa penggunaan jasa produk haji, umroh serta gadai cicilan emas berdasarkan prinsip syariah. Serta MoU IUWASH Plus dengan substansi meningkatkan akses air minum dan meningkatkan akses sanitasi guna mencapai target universal akses.
Sementara itu, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprovsu mendapat discount, pelayanan check in, serta kemudahan pelayanan bagi ASN dan keluarga memanfaatkan jasa penerbangan PT Garuda Indonesia.[am]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here