Yogoy/Penandatanganan Prasasti Saat Peresmian RS USU
Yogoy/Penandatanganan Prasasti Saat Peresmian RS USU

Laporan: Wahyu Panjaitan

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Gubernur Sumatera Utara, HT Erry Nuradi mengatakan bahwa rumah sakit di seluruh daerah di Sumatera Utara harus terus meningkatkan berbagai teknologi baru bidang kesehatan. Sebab saat ini pengguna jasa layanan rumah sakit di Sumatera Utara cukup tinggi.

Hal tersebut disampaikannya saat memberi kata sambutan pada acara Grand Opening Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU) di RS USU Jalan Dr. Mansyur, Medan, Senin (9/1).

“Kita menyadari bahwa rumah sakit mempunyai ruang berkunjung cukup besar dewasa ini. Hampir seluruh rumah sakit di seluruh Indonesia termasuk sumatera Utara selalu penuh pengunjungnya. Oleh karena itu tentunya rumah sakit juga terus mengejar berbagai teknologi-teknologi baru dan tantangan yang menyertainya,” katanya.

Ia juga menegaskan, sumber daya kesehatan termasuk rumah sakit merupakan satu dari beberapa hal yang dapat mendorong pembangunan kesehatan di Sumatera Utara.

“Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayan Kesehatan, tanggung jawab merupakan bagian dari sumber daya kesehatan yang sangat diperlukan dalam mendukung upaya pembangunan kesehatan,” jelasnya.

Pembangunan kesehatan melalui rumah sakit di Sumatera Utara wajib dilaksanakan oleh seluruh stake holder terkait, karena hal tersebut sudah diamanatkan dalam UU No 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

“Sebangaimana yang diamanatkan dalam undang-undang no 44 tahun 2009 tentang rumah sakit bahwa penyelenggara rumah sakit berazazkan pancasila dan didasarkan kepada nilai kemanusiaan yang tidak membedakan suku, bangsa, agama, status sosial dan ras. Nilai etika dan profesionalitas oleh tenaga kesehatan itu yang harus diutamakan,” demikian Gubsu.[am]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here