Laut Sumatera Utara
Laut Sumatera Utara

Oleh: Ismail Marzuki

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Sesuai data yang dimiliki oleh Bappeda Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Utara memiliki luas total 181.860,65 km². Dari luas tersebut, sebesar 110.000,65 km² merupakan wilayah perairan. Artinya, perairan yang dimiliki Sumatera Utara menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam membangun perekonomian.

Jika kualitas sektor kelautan dan perikanan di Provinsi Sumatera Utara semakin ditingkatkan, maka tidak hanya kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara yang meningkat, roda perekonomian nasional juga akan meningkat. Dalam kata lain, perekonomian nasional akan mendapatkan multifier effect dari hal tersebut.

Meningkatnya kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat pesisir tidak perlu dipertanyakan lagi jika kita unggul dalam sektor kelautan dan perikanan. Sedangkan untuk menguatnya perekonomian nasional didasari dengan ikut meningkatnya permintaan pasar, ekspor komoditas, penyerapan tenaga kerja, berkembangnya usaha kelautan dan perikanan di daerah-daerah dan berkembangnya industri peristiwa.

Meningkatkan kualitas sektor kelautan dan perikanan tidak semudah sekedar berwacana ataupun membalikkan telapak tangan. Mulai dari struktur hingga infrastruktur secara seimbang harus dibenahi.

Dari  faktor struktur, pemerintah daerah, instansi terkait, nelayan serta masyarakat lainnya harus  saling bersinergi dan ini juga bukan hal yang mudah. Pemerintah daerah secara persuasif harus benar-benar mampu membina masyarakat pesisir dan nelayan khususnya agar memenuhi kualitas soft skill dan hard skill sebagai salah satu elemen penunjang peningkatan kualitas sektor kelautan dan perikanan. [bersambung]

Penulis adalah Sekretaris Umum ICMI Muda Sumut

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here