Zonny Waldi
Zonny Waldi

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Demi ikut mensukseskan program-program Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang bertemakan Sumut Paten, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara akan terus mengoptimalkan Program Asuransi Terpatu Nelayan (Paten).

Di dalam program Paten itu, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumut akan menyentuh atau membina seluruh pemberdayaan keahlian nelayan, tidak hanya sekedar fokus pada asuransi nelayan.

“Untuk bersinergi terhadap program Sumut Paten, kita juga tingkatkan program Paten kami. Sentuhannya tidak hanya asuransi, kita juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk membina dan memberdayakan keahlian nelayan,” kata Zonny Waldi, Jumat (30/12).

Zonny Waldi juga menjelaskan bahwa kemampuan berupa cara penangkapan ikan dan pemeliharaan segala potensi yang ada di laut dan pantai juga akan diajarkan dan dibina kepada para nelayan.

“Dengan program Paten ini, nelayan atau kelompoknya kita harapkan bisa melakukan pemeliharaan mangrove, terumbu karang, sampai bisa menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan. Dengan adanyab program Paten, harapannya nelayan lebih terberdayakan,” jelasnya dengan mantap.

Namun, para nelayan harus melengkapi syarat jika ingin mendapatkan kegunaan dari program Paten tersebut yaitu memiliki kartu nelayan.

“Itu makanya mengapa kartu nelayan sangat penting dimiliki oleh nelayan. Banyak manfaat yang bisa didapat kalau nelayan sudah punya kartu nelayan,” tegas Waldi.[am]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here