MTs Negeri 2 Asahan, Raih Juara 1 Lomba Senandung
Kepsek MTs Negeri 2 Asahan dan pemenang lomba senandung

MUDANEWS.COM, Langkat – Ketujuh kalinya MTs Negeri 2 Asahan meraih juara 1 pada perlombaan Senandung tingkat Kabupaten Asahan. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai 27 Agustus 2019 oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Asahan di Gedung Juang kabupaten Asahan.

Menurut Kasi Kebudayaan H Syamsudin bahwa kegiatan ini mengangkat budaya lokal sebagai Aset budaya nasional, sejak tahun 2018 Senandung Asahan telah menjadi Budaya Nasional. Dengan kegiatan ini akan memberikan motivasi bagi masyarakat khususnya kaum pelajar untuk mencintai budaya Indonesia sekaligus melestarikannya.

“Bagi peserta yang meraih juara 1 akan dibawa ke pekan raya Sumatra Utara nantinya. Adapun Siswa yang meraih juara 1 bernama Deviara Lestari kelas IX utusan Mts Negeri 2 Asahan. Deviara bersama 38 peserta lainnya telah mengikuti tahapan perlombaan mulai dari penyisihan diikuti oleh 38 orang, selanjutnya babak semifinal diikuti oleh 8 orang, dan babak Final diikuti oleh 4 orang,” jelasnya.

Menariknya, sambung Syamsudin, pada saat babak Final dimana setiap peserta mencabut nomor sekaligus mencabut SAIR yang akan dibaca waktu akan tampil. Artinya memang semata-mata mengandalkan potensi peserta masing-masing. Dan tentunya semua ini akan menjadi pengalaman bagi peserta dimasa yang akan datang.

“Selamat kepada ananda Deviara Lestari yang telah mengharumkan nama Madrasah dan kementerian agama kabupaten Asahan,” ucap Kepala Madrasah MTs Negeri 2 Asahan didampingi Guru pembimbing.

Sementara menurut pemantauan Masyarakat bahwa Cabang Seni budaya Islam memang utusan Mts negeri 2 Asahan selalu diperhitungkan, namun untuk cabang Saintek masih dikalahkan dengan sekolah SMP negeri, maka menyahuti tentang prestasi yang akan datang, kepala madrasah serta guru pembimbing bertekad bulat untuk mengejar prestasi yang belum didapatkan. Berita Asahan, Hadira