Lomba Kreasi dan Inovasi, Plt Bupati Labuhanbatu Ajak Masyarakat Gelorakan
Plt Bupati Labuhanbatu bersama Asisten Adm Umum dan Kepala Balitbang saat diabadikan dengan Tim Peneliti dan Penilai Lomba Kreasi dan Inovasi Masyarakat, OPD, BUMD Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019.

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu – Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT ajak masyarakat dan para pimpinan OPD gelorakan inovasi daerah untuk Kabupaten Labuhanbatu lebih maju. Hal itu disampaikannya pada acara pembukaan lomba kreasi dan inovasi (Krenova) Masyarakat – OPD – BUMD Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019, Senin (26/8/2019).

Kegiatan lomba yang berlangsung di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati tersebut akan berlangsung selama 3 hari, dan diikuti 22 orang peserta dari masyarakat serta 8 OPD, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Dinas Kesehatan, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Pegendalian Penduduk dan KB, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Bilah Hilir, serta Bagian Hukum Setdakab.

Andi Suhaimi Dalimunthe pada pidatonya menegaskan, setahun yang lalu beliau telah menyampaikan, bahwa setiap OPD harus memiliki inovasi, yang dapat membanggakan Labuhanbatu, namun sampai saat ini hanya sekitar 8 OPD yang telah memiliki inovasi.

“Terimakasih banyak kepada BUMD dan Masyarakat yang telah berpartispasi memberikan inovasi luar biasa, dan diharapkan pada Tahun 2020 OPD lain sudah punya inovasi, dengan lahirnya 37 karya inovasi hari ini semoga dapat membanggakan nama Kabupaten Labuhanbatu ditingkat Nasional,” kata Andi Suhaimi.

Andi Suhaimi menyebutkan, tanpa inovasi, Labuhanbatu tidak akan menjadi daerah yang maju, hebat, dan berkembang sesuai dengan apa yang sama-sama kita inginkan. Pada kesempatan itu beliau mengajak kepada kita semua untuk membangun inovasi yang dapat membanggakan dan mensejahterakan masyarakat.

Peneliti madya pada Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang, Andjar Prasetyo SE, M.Si selaku tim peneliti pada lomba tersebut menyebutkan, setelah karya masyarakat pada kegiatan ini diseleksi, nantinya mereka akan bersaing ditingkat nasional dan difasilitasi oleh Balitbang Labuhanbatu.

“Inovasi yang akan dilakukan ada 3 hal, yaitu tata kelola pemerintahan, kemudian pelayanan publik yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, dan inovasi daerah lainya yang sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah,” ujar Andjar Prasetyo.

Sementara itu Kaban Litbang Labuhanbatu Hobol. Z Rangkuti S.Sos menjelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan motivasi, kreatifitas, inovasi, pemanfaatan dan kemajuan Iptek dalam hal karya cipta rancang bangun bagi perangkat daerah, BUMD dan Masyarakat yang berbasis pada sumber daya dan potensi unggulan lokal daerah.

Adapun hasil yang diharapkan pada lomba tersebut yaitu dapat membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan daya saing daerah Kabupaten Labuhanbatu, serta menumbuhkan budaya kreatif dan inovatif pada masyarakat.

Tampak hadir pada acara itu, Drs. Asrori, Peneliti Utama pada Pusat Inovasi Daerah Badan Litbang Kemendagri, Basyarul Ulya SH, MM Rektor Univa Labuhanbatu, Prof. Dr. Dra. Irnawati Marsaulina MS, LPPM USU, Indra Firdaus SE, Ketua DPD Hipmi Labuhanbatu, jajaran Kepala OPD, dan para Camat.  Berita Labuhanbatu, Arjuna