Desa Lubuk Kertang, Siap Menjadi Desa Literasi Tahun 2019
Kades Lubuk Kertang sedang memberikan Sosialisasi.

MUDANEWS.COM, Langkat – Musyawarah tentang Sosialisasi Proram Kerja LPTQ Lubuk Kertang yang akan bekerja sama dengan SD/MI, MDTA dan TBM Lubuk Kertang disampaikan oleh Zul Insan selaku kades Lubuk Kertang, Rabu (31/07/2019).

“Seluruh SD/MI Se Desa Lubuk Kertang diharapkan menyetujui dan menyambut dengan baik program Baca Tulis Alqur’an yang difasilitasi oleh LTPQ Lubuk Kertang,” ujar Zul Insan.

Tenaga Pendidik pada kegiatan BTQ ini Rudi SHI yang berasal dari Pangkalan Susu. Ia di percaya oleh pihak LPTQ untuk mengajarkan membaca, menulis bahkan melagukan Alquran dengan senandung yang indah dan merdu. “LPTQ ini sudah berjalan sejak tahun 2017′, dan tahun 2019 baru bekerja sama dengan SD/MI,” ujar Muhammad Hidayat SPd selaku Ketua LPTQ.

Desa Lubuk Kertang, Siap Menjadi Desa Literasi Tahun 2019
Proses belajar mengaji di SD Lubuk Kertang dan didampingi oleh pihak LPTQ.

Selain SD/MI, MDTA juga menjadi sasaran LPTQ dalam upaya memperdalam Ilmu Alquran. Setiap hari Kamis dan Jum’at anak-anak MDTA diberikan kelas tambahan belajar Ilmu Tajwid, Tilawah dan Marhaban.

Pada kesempatan ini, Zul Insan juga menyampaikan tentang keberadaan Taman Bacaan Masyarakat Lubuk Kertang. “TBM Lubuk Kertang terletak diantara SDN 053993 dan Puskesmas Desa Lubuk Kertang dikelola oleh Dian Safriyanti dan terdapat juga TBM Setara yang terletak di Dusun IV Alur Lebah yang diinisiasi oleh Nazaruddin SPdI,” ujar beliau.

Desa Lubuk Kertang, Siap Menjadi Desa Literasi Tahun 2019
Nazaruddin, penggagas Desa Lubuk Kertang Literasi 2019

TBM ini dibuka untuk khalayak umum, dari siswa TK/RA sampai Mahasiswa Perguruan Tinggi. Dengan koleksi buku Pendidikan, Perkebunan, Pertanian, Pemerintahan, Keagamaan, Kerajinan Tangan, Kehutanan, dan Cerita Anak.

Jadwal TBM setiap hari senin-sabtu 08.00 – 14.00 wib, dan hari Minggu 09.00 – 12.00 wib. Dimana TBM menyediakan Program Pinjam Buku, Baca Buku, Les Calitung untuk Kelas 1-3 SD/MI, dan Digital Print.

Abdul Rahim Lubis SPdI selaku Ketua MUI Brandan Barat sangat mengapresiasi program yang dicanangkan oleh Kepala Desa Lubuk Kertang ini. Ia mengatakan baru Desa ini yang menginisiasi program Pembinaan BTQ dan Gemar Membaca.

Zul Insan juga berharap tidak hanya di TBM, Perpustakaan Sekolah anak-anak dan warga dapat membaca. Tetapi di tempat Wisata Mangrove, bahkan Masjid dan Mushalla warga dapat membaca. Berita Langkat, MN