Cara Hidup Bersih
Keceriaan anak-anak bermain ular tangga

MUDANEWS.COM, Karo – SD Negeri 044839 Bulan Jahe Kabupaten Karo tampak ramai dengan berbagai aktivitas yang melibatkan siswa. Namun tidak seperti biasanya, siswa-siswi sekolah dasar tersebut tampak bersemangat mengecat mural di dinding kelas dan bermain ular tangga raksasa di tengah lapangan bersama-sama dengan warga berkebangsaan asing yang kompak mengenakan kaus abu-abu bertuliskan ‘Good Things are Happening’.

Warga berkebangsaan asing itu merupakan bagian dari Starbuck Foundation yang sebagian besar berasal dari Taiwan dan berkunjung ke tanah Karo untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama perempuan dan anak tentang pentingnya kebersihan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu peserta dari Starbuck Foundation Haidi mengaku, senang dan bahagia bertemu dengan anak-anak di sekolah. Menurut Haidi, anak-anak dan mereka tidak menggunakan bahasa yang sama, namun mereka tetap dapat berinteraksi dengan nyaman lewat warna-warna yang mereka sapukan di atas dinding kelas bersama-sama. Haidi menjelaskan alasannya mewarnai bola-bola gelembung dengan warna yang beraneka ragam.

“Saya berharap anak-anak memiliki mimpi yang berwarna-warni dan mampu mencapainya dimasa yang akan datang,” ujarnya rilis diterima MUDANEWS.COM pada Jumat (22/3/2019).

Cara Hidup Bersih
Siswa SD melihat Mural

Selain mengecat mural di tembok kelas, kegiatan ini juga mengajak anak hidup sehat melalui ular tangga besar yang dapat menjadi media alternatif dan menyenangkan bagi anak saat belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 20 maret 2019 ini juga didukung oleh Pemerintah, hal ini ditunjukkan dengan kehadiran perwakilan beberapa dinas terkait.

Kepala Dinas Pendidikan, Dr  Eddi Surianta Surbakti Mpd, menyatakan kesediaannya mendukung kegiatan ini secara penuh dan berharap Kopi Nande dapat terus menerus mengedukasi masyarakat tentang prilaku hidup yang lebih sehat.

“Kami berharap bahwa semua sekolah bisa melakukan hal yang sama dan kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara rutin,” katanya.

Cara Hidup Bersih
Salah satu siswa gunakan mural

Kunjungan ini merupakan kegiatan social service Starbuck Foundation dan merupakan bagian dari rangkaian project Kopi Nande yang bertujuan untuk menguatkan kelompok perempuan dalam upaya mensejahterakan keluarga terutama anak. Project Kopi Nande ini diinisiasi oleh Lutheran World Relief (LWR) dan diimplementasikan oleh Yayasan Pusat Kajian dan perlindungan Anak (PKPA), dengan dukungan penuh dari Starbuck Foundation.

Keumala Dewi, Direktur Eksekutif PKPA menjelaskan, Kopi Nande merupakan program pemberdayaan masyarakat berbasis gender dan hygiene promotion, sasarannya adalah anak dan kelompok ibu agar mampu menjadi gender champion di desanya, sehingga dapat membawa perubahan kondisi sanitasi desa, pemberdayaan ekonomi dan mengurangi ketidakseimbangan gender di desa mereka.

Cara Hidup Bersih
Warga kebangsaan melukis mural di dinding

Selain itu, Ade Reno Sudiarno, selaku Country Director LWR mengatakan kerjasama antara LWR dan PKPA dalam project Kopi Nande ini bertujuan untuk meningkatkan kondisi kesehatan masyarakat dampingan yang dapat dicapai dengan 3 strategi utama yaitu meningkatkan kepemimpinan perempuan dalam aspek sanitasi, air dan kesehatan, meningkatkan akses air dan sanitasi serta meningkatkan cara hidup sehat di rumah tangga. Berita Karo, MN