MTQ Pelajar Langkat Hilir
Kadis Pendidikan Langkat Dr H Saiful Abdi MPd, saat mengambil sumpah dewan hakim MTQ Pelajar Tingkat SD dan SMP se Langkat Hilir.

MUDANEWS.COM, Langkat – Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat, sukses menggelar MTQ pelajar tingkat SD dan SMP se Langkat Hilir, Rabu (10/10/2018), di SDN 050671 Kecamatan Wampu.

Dalam kesempatannya memberikan arahan, Dr H Saiful Abdi MPd selaku Kadis Pendidikan Kabupaten Langkat, menekankan pentingnya pemahaman dan pengamalan Alquran.

“Sebagai pedoman hidup manusia, sangat disayangkan jika ada pemeluk Islam yang bahkan tidak bisa membaca Alquran. Satu kesimpulan yang mungkin bisa didapatkan, Membaca saja tidak bisa apalagi mengartikan bahkan memahami maksudnya,” ucap Saiful Abdi.

Lebih lanjut Kadis Pendidikan itu juga menyampaikan bahwa, dari sinilah kemudian membaca Alquran dikatakan sebagai ibadah pertama untuk mampu memahami Islam secara keseluruhan. Sehingga tidak sedikit yang berbondong-bondong mencari guru yang dapat mengajarkan membaca kitab suci ini dengan baik dan benar.

Dalam kesempatan itu, Saiful Abdi juga mengingatkan, membaca alquran harus benar. Karena satu saja salah membaca huruf dalam membaca alquran, dapat menjadikannya salah makna sehingga pesan yang disampaikan kitab ini tidak sesuai dari semestinya. Kesalahan dalam memahami kitab ini bisa mengakibatkan pengamalan yang menyimpang dari semestinya. Hal inilah yang menjadi perhatian para ulama di era salaf dan modern. Jangan sampai pembelajar alquran justru ingin menghancurkan Islam karena kesalahan dalam memahami kitab sucinya.

Saiful Abdi yang juga dikenal sebagai Sekretaris MUI Kab Langkat itu juga mengharapkan, dengan Alquran sebagai kitab suci terakhir dari Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, sehingga dengannya beliau membawa umat manusia dari zaman kegelapan menuju cahaya.

“Terkadang kita berpikir bahwa Alquran merupakan kitab firman Allah SWT dan tentu tidak mudah untuk memahaminya, tetapi Allah SWT telah mengatakan didalam Al Quran Dan sungguh telah kami mudahkan Alquran untuk peringatan, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?,” ujar Saiful Abdi.

Karena menurut Saiful Abdi, bagaimanapun kondisi dan keadaan kita, jika kita mau membaca Alquran dengan niat yang positif maka kita pasti akan bisa memahaminya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia H Surianto MPd mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak terhadap kesuksesan pelaksanaan MTQ tingkat pelajar SD dan SMP se Langkat Hilir tersebut.

Ketua panitia juga melaporkan bahwa kegiatan itu, diikuti oleh 48 peserta, terdiri dari 32 peserta mengikuti MTQ dan 16 peserta untuk kaligrafi.

Sementara, setelah berlangsungnya kegiatan sampai dengan selesai, Sekretaris Dewan Hakim Muhammad Ishak MPd, langsung mengumumkan para pemenang yang akan mengikuti MTQ pelajar tingkat SD dan SMP Se Kabupaten Langkat, yang akan berlangsung pada bulan November 2018 mendatang di Kecamatan Sei Bingei.

Adapun para pemenang yang akan menjadi utusan Langkat Hilir itu adalah, MTQ tingkat SD golongan putra, Juara I Khairul Fuadi (Wampu), Juara II Muhammad Pasya (Secanggang), Juara III Muhammad Fauzan Iziddin Al Khairi (Sawit Seberang), Juara IV Muhammad Rizky Mahraqi dan Juara V Abdullah Azam (Tanjungpura).

Untuk MTQ SD golongan putri, Juara I Maisyaroh (Wampu), Juara II Alya Arfa (Tanjungpura), Juara III Danisi Ulya Nasution (Stabat), Juara IV Hafiza Naura Salwa (Batang Serangan) dan Juara V Fauza Sahila Nisa (Hinai).

Selanjutnya, untuk MTQ tingkat SMP golongan putra, Juara I Harry Umri (Tanjungpura), Juara II Wahyu Ramadhan (Secanggang), Juara III Rizky Gunawan (Stabat), Juara IV M Mauladzu Fadlin Munthe (Sawit Seberang) dan Juara V Faki Rivaldi (Batang Serangan).

Untuk MTQ tingkat SMP golongan putri, Juara I Afkari Aula Nasyura Siregar (Sawit Seberang), Juara II Nazwa Aulia Putri (Stabat), Juara III Agus Eliana (Secanggang), Juara IV Devi Nurmala Putri (Secanggang) dan Juara V Khairani Agustina (Batang Serangan).

Sementara, dibidang kaligrafi, golongan putra, Juara I Prayoga (Stabat), Juara II Muhammad Syahputra (Secanggang), Juara III Hari Abibayu (Sawit Seberang), Juara IV Muhammad Nurdin (Tanjungpura dan Juara V Dwin Inchandra (Batang Serangan).

Dan untuk golongan putri kaligrafi adalah, Juara I Nabila Aulia (Tanjungpura), Juara II Novi Tri Andini (Stabat), Juara III Usma Wardhani Hasanah (Sawit Seberang), Juara IV Fitri Anhgraini (Secanggang) dan Juara V Era Fazira (Hinai). Berita Langkat, Lana