HUT Republik India ke-69, Erry Sebut Indonesia dan India Banyak Kesamaan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menghadiri resepsi perayaan hari ulang tahun Republik India ke-69 di hotel JW Marriott Medan, Minggu (28/1/2018) malam.

Pada kesempatan itu Gubsu Erry mengharapkan hubungan kerjasama antara India dan Indonesia, khususnya Sumatera Utara semakin meningkat kedepan. Masyarakat dan etnis India relatif banyak di Sumatera Utara, khususnya di Kota Medan dan berbaur dengan masyarakat pribumi.

“Kedepan diharapkan agar tetap dijaga dan terus berkembang. Karena hubungan persaudaraan ini merupakan kekuatan bilateral yang mandiri dan kuat terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masing-masing masyarakatnya,” ujar Erry.

Indonesia dan India menurut Erry memiliki banyak kesamaan. “Indonesia dan India adalah dua negara demokrasi terbesar di dunia,” katanya.

Saat ini, lanjut Erry, banyak kegiatan yang telah dikembangkan kedua negara, begitu juga dengan swasta, bahkan antara masyarakat dengan masyarakatnya terutama kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan perekonomian dan perdagangan yang bukan hanya dilakukan pengusah besar, tetapi juga antar sektor-sektor usaha kecil dan menengah.

Adapun berbagai kemajuan kerjasama ini bukan hanya dalam bidang perdagangan, tetapi juga kepariwisataan, pendidikan dan kegiatan sosial budaya serta peluang bisnis lainnya.

Selain itu hubungan diplomatik Indonesia dengan India juga sangat baik. TNI AL Indonesia melakukan kerjasama latihan pengawasan laut dengan tentara laut India 2 kali dalam setahun. “Kerjasama latihan pengawasan laut ini juga mengeratkan antara kedua negara yang berdekatan,” sebut Erry.

Secara Geografis Indonesia dan India juga sangat dekat. Dari Pulau Weh di Sabang ke pulau Andaman India, hanya berkisar 40 mil lau atau 60 kilometer. Jaraknya lebih kurang dari Medan ke Tebing Tinggi. Jadi banyak kesamaan,” kata Erry.

Sementara Konjen India di Medan Mrs Dr Shalia Shah pada kesempatan itu mengatakan bahwa Resepsi perayaan ke-69 Republik India sangat penting karena bertepatan dengan peringatan 25 tahun hubungan kerjasama Republik India dengan Negara-negara ASEAN.

“Hari Republik India hari ini sangat spesial karena juga bertepatan dengan perayaan 25 tahun hubungan bilateral antara Republik India dengan negara-negara ASEAN. Presiden Jokowi juga hadir sebagai tamu kehormatan pada perayaan ini,” kata Shalia Shah.

Dikatakan Shalia Shah bahwa tahun 2018 ini Republik India akan meningkatkan hubungan bilateral dengan negara-negara ASEAN. Khususnya dengan Indonesia. Karena lanjutnya selain bertetangga India dan Indonesia juga sama-sama multi etnik. Sehingga hubungan kerjasama di bidang kebudayaan tradisional yang selama ini juga sudah terjalin antara Indonesia dengan India.

“Tahun ini India akan meningkatkan kerjasama bilateral dibidang-bidang lainnya seperti ekonomi, maritim. Dan juga kita akan meningkatkan konektivitas kota-kota di India dengan Indonesia,” sebut Shalia. Berita Medan, Ahmad

- Advertisement -

Berita Terkini