Pemuda Lintas Agama Menjadi Aktor Perekat Kerukunan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Kakanwil Kemenag Sumut diwakili Kasubbag Hukum dan Kerukunan Umat Beragama Syafaruddin Lubis mengharapkan kepada Pemuda Lintas Agama untuk menjadi aktor perekat kerukunan umat beragama di Sumut.

Hal itu disampaikan Syafaruddin dalam sambutannya ketika membuka secara resmi seminar dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dirangkaikan dengan Deklarasi Persaudaraan Pemuda Lintas Agama di Kantor PGI Wilayah Sumut, Sabtu (28/1).

Selanjutnya Syafaruddin mengatakan, peran pemuda dalam sejarah perjuangan bangsa sangat penting dan gerak juang para pemuda itu tidak membeda-bedakan etnis dan agama.

Dengan penuh kesadaran pemuda kita dahulu saat perjuangan kemerdekaan hingga saat ini selalu bahu-membahu dalam tekad yang sama mempertahankan persatuan dan kesatuan dalam wadah NKRI dan semangat inilah yang perlu kita teladani saat ini, apalagi sebagai pemuda lintas agama.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pengurus Persaudaraan Pemuda Lintas Agama (PEMULA) diikuti oleh puluhan pemuda dari berbagai agama. Dalam acara ini juga dilakukan pengukuhan Pengurus Persaudaraan Pemuda Lintas Agama oleh Uskup Agung Medan didampingi para pembina dari Majelis Agama dan Kanwil Kemenag Sumut.

Menurut panitia pelaksana, sebelum seminar ini telah dilaksanakan kegiatan olah raga untuk mengakrabkan para pemuda lintas agama.

Menanggapi hal in,i Syafaruddin mengatakan sangat positif karena olahraga dapat mendidik disiplin dan kejujuran serta tidak pernah mempersoalkan agama yang dianut oleh atlitnya.

Selain olahraga, tambah Syafaruddin untuk mengakrabkan para pemuda lintas agama ini dapat juga dilakukan melalui seni budaya dan pertemuan-pertemuan berkala dan terencana.

“Dengan banyak bertemu dan berkomunikasi para pemuda lintas agama ini dapat berbagi fikiran dan pengalaman untuk dirumuskan men jadi kegiatan bersama guna mempererat persaudaraan yang telah dijalin,” lanjut Syafaruddin.

Selain Syafaruddin, seminar ini juga menghadirkan narasumber H. Mohd. Hatta Siregar dari PW NU Sumut dan Pdt.Erick Barus dari PGI Wilayah Sumut. (red)

 

- Advertisement -

Berita Terkini