Kantor YLBHI Diserang
Foto: Sejumlah massa dari LBH Medan membakar ban bekas sebagai bentuk protes terhadap penyerangan sekelompok massa ke kantor YLBHI di Jakarta.

MUDANEWS.COM, Medan — Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan menggelar aksi protes, menyusul pengepungan yang dilakukan sekelompok massa di kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia di Jakarta pada Senin (18/9/2017) dinihari.

Aksi protes dilakukan di depan kantor yang bertempat di Jalan Hindu No.12, Senin (18/9/2017), petang.

Wakil Direktur LBH Medan Jupenris Sidauruk mengatakan, aksi ini merupakan bentuk solidaritas atas sikap dari YLBHI yang menutup sementara kegiatan di LBH Jakarta sampai suasana kembali kondusif.

“Kami merasa bahwa kami sepenanggungan juga dengan LBH Jakarta, kami merasa perlu melakukan aksi ini untuk menunjukkan perasaan senasib,” kata Jupenris.

Secara bergantian massa berorasi. Selanjutnya, massa LBH Medan membakar tumpukan ban bekas sebagai bentuk protes mereka.

“Sebelum aksi ini dilakukan, kami terlebih dahulu melakukan release kepada teman-teman wartawan, bahwa kami ini sebenarnya mengecam atas terjadinya penyerangan yang dilakukan oleh sekelompok orang di LBH Jakarta,” lanjut Jupenris.

LBH Medan mengecam aksi yang dilakukan oleh sekelompok massa yang menyerang kantor LBH Jakarta.

Kemarin, sekelompok massa mengepung kantor LBH Jakarta saat acara ‘Asik Asik Aksi’ dilakukan, acara yang digagas oleh YLBHI ini membawakan tema ‘Pelusuran Sejarah 1965’.

Saat acara berlangsung, sekelompok massa mengepung kantor YLBHI dan berusaha membubarkan acara dengan berdalih kalau acara ini terkait dengan Partai Komunis Indonesia. Alasan itu ditepis Jupenris.

“Menurut kami ini merupakan isu yang sudah usang, kalau kami memang ada melakukan itu tentu saja acara ini kami batasi untuk kalangan tertentu saja, ini kan tidak, semua orang dapat menjadi peserta dan memantau acara kami,” ungkapnya.

Aksi protes itu akan terus dilakukan sampai suasana di YLBHI benar-benar kondusif.

“Kami tentu akan menunggu kabar dari YLBHI terkait kapan akan digelar aksi yang selanjutnya, kemungkinan ini akan lebih besar karena kami akan melibatkan jaringan kami,” tandasnya. Berita Medan, Ardana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here