Pemkab Labura, Hadiri Ulang Tahun Pura Agung Swamandala

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Labura – Wakil Bupati Labuhanbatu Utara Drs Dwi Prantara, MM menghadiri ibadah perayaan ulang tahun (Piodalan) Pura Agung Swamandala ke-15 di Dusun IV KNPI, Desa Damuli Kebun, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labura, Sabtu (2/9/2017).

Pada sambutannya Drs Dwi Prantara mengatakan bahwa Kabupaten Labura harus bangga karena keragamaan umat ada di disini, baik ras, suku dan agama semua berbaur dengan baik dan rukun.

“Termasuk keberadaan Pura Agung Swamandala ini, karena di Labuhanbatu Raya yang ada Puranya cuma ada di Kabupaten Labura yaitu di Dusun IV KNPI Kualuh Selatan, kalau seperti ini komunitas Hindu Bali ini menambah suasana ke Indonesia an di Kabupaten Labura,” katanya.

Kemudian Wabup juga mengharapkan kepada yang hadir untuk selalu menjunjung tinggi eksistensi etnis yang ada, baik di Labura maupun di Sumut.

“Mari sama kita saling menghormati dan saling mengakui keberadaan keberagaman etnis. Agar tumbuh kesatuan yang baik dan maju,” pungkas Mas Dwi.

Pembimbing masyarakat hindu Kanwil Kemenag Sumut Antoni Sembiring, SAg, MSi mengungkapkan Keberadaan Pura di tengah-tengah masyarakat yang berbeda suku dan agama ini merupakan hal yang sangat langka, dan ini berjalan sudah 15 tahun lamanya. Dan Kanwil Kemenag Sumut akan memberikan bimbingan kepada umat di Pura ini dalam waktu dekat.

“Keharmonisan sudah sangat terjalin dengan baik di Pura ini tinggal kita mempertahankannya,” ungkapnya.

Terlihat, masyarakat dusun KNPI dan sekitar pura turut menyaksikan acara piodalan yang dibuka dengan tarian Rejang Dewa yang setiap tahunnya dilaksanakan di Pura tersebut.

Selain Wakil Bupati, turut menghadiri dari Pemerintah Kabupaten Labura Ketua FKUB Drs H Aminurasid Aruan, Kepala Desa Damuli Kebun Nur Akal Nainggolan, Tokoh Agama dan masyarakat. Hadir juga umat Sedharma dari berbagai daerah. Terlihat Kolonel I Wayan Suardana, SE, MM yang juga Dan Rindam I BB dari Pematang Siantar, Umat Sedharma dari Langkat, Medan, Perbaungan, Jambi, Rantau Prapat, dan Kampung Bali Langkat. Berita  Labura, Ahmad Maherdika Hsb

 

- Advertisement -

Berita Terkini