LPM dan Bimbingan Konseling Unimed
Foto: Dr. Wildansyah Lubis M.Pd (berdiri depan) ketika memberikan materi.

MUDANEWS.COM, Medan – Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Medan (LPM Unimed) dan Psikologi Pendidikan Bimbingan dan Konseling (PPBK) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kecamatan Medan Sunggal pada Selasa dan Rabu (8-9/8/2017).

Kegiatan ini dilakukan selama dua hari yang bertemakan ‘Peningkatan Kualitas Kompetensi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Medan Sunggal” yang di bawakan langsung oleh narasumber Dr. Wildansyah Lubis, M.Pd dan Dra. Zuraida Lubis M.Pd.

Dalam kegiatan tersebut, terlihat para guru sangat antusias dalam mengikuti pelatihan itu, dengan total peserta yang hadir sekira 53 orang guru berasal dari 3 sekolah SD Negeri diantaranya SDN 060917, SDN 066655, dan SDN 067242 kecamatan Medan sunggal.

Kemudian, disampaikan oleh Dr. Wildansyah Lubis M.Pd sebagai pemateri pertama dan perwakilan LPM Unimed menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan sebagai bentuk kepedulian LPM Unimed terhadap pendidikan tentunya.

LPM dan Bimbingan Konseling Unimed
Foto: Dra. Zuraida Lubis M.Pd, Kons (berdiri depan).

“Terselenggaranya kegiatan pengabdian di 3 Sekolah SDN Kecamatan Medan Sunggal merupakan kepedulian LPM Unimed pada pendidikan. Lalu, Melalui salah satu Program LPM Unimed yaitu Program Sekolah Binaan para dosen dapat mengejawantahkan keahlian dan keilmuan dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi,” tutur Wildan.

Hal yang senada juga diucapkan oleh Ibunda Zuraida Lubis sebagai pemateri kedua dan Ketua Jurusan Psikologi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Unimed mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk hubungan timbal balik antara LPM Unimed dan jurusan Bimbingan Konseling Unimed serta sebagai wujud nyata dalam meningkatakan kualitas kompentensi profesional dan pedagogik guru Sekolah Dasar.

“Kegiatan pengabdian ini bersifat mutualisme antara LPM Unimed, Prodi Pendidikan BK, dan guru. Para dosen melaksanakan kewajiban Tri Darma dan Para guru memperoleh pemahaman dalam menyusun evaluasi belajar dan penyelesaian masalah pembelajaran melalui PTK,” ujar Zuraida.

Menanggapi hal ini, kepala sekolah SDN 060917 ibu Hj. Milawati S.Pd sangat mengaprsiasi kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut karena merupakan kegiatan yang sangat penting dan bermanfaat untuk guru-guru sehingga lebih terampil dalam melaksanakan tupoksinya.

“Saya representatif dari guru-guru yang sudah mengikuti pelatihan ini sangat senang atas pelatihan yang diberikan, guru-guru memperoleh informasi bagaimana menyusun soal yang baik. Begitu juga pelatihan pada hari kedua, para guru memperoleh tips dan trik dalam menyusun PTK, sehingga diharapkan para guru dapat menulis PTK untuk kebutuhan penyelesaian permasalahan pembelajaran di kelas,” ungkap Milawati saat diwawancarai Pers.

Selanjutnya, perlu diketahui bahwa Kegiatan pengabdian dilakukan oleh dosen dari Unimed guna mewujudkan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi pada aspek pengadian kepada masyarakat. Dengan Tim pendukung kegiatan dari Dinas Pendidikan Kota Medan. Berita Medan, Alvian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here