LPM Unimed
Foto: Peserta Workshop Pembelajaran Tematik saat foto bersama.

MUDANEWS.COM, Deli Tua – Salah satu program Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan (Unimed) tahun 2017 adalah meningkatkan kompetensi guru jenjang Sekolah Dasar (SD) di Provinsi Sumatera Utara.

Sebagai tindak nyata program yang dicanangkan, LPM Unimed dampingi guru-guru SD di Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang dalam pembelajaran tematik. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis-Sabtu, 3-5 Agustus 2017.

Faisal, S.Pd., M.Pd. selaku narasumber dalam kegiatan itu menyatakan, Pendampingan pembelajaran tematik yang dilaksanakan oleh LPM Unimed ini merupakan salah satu upaya optimalisasi implementasi kurikulum 2013 di SD.

Pada kesempatan yang sama, kepala UPT Dinas pendidikan Kecamatan Deli Tua menyampaikan, SD di Kecamatan Deli Tua pada tahun 2017 sudah mulai melaksanakan kurikulum 2013, yaitu kelas I dan kelas IV SD.

Kegiatan pendampingan dihadiri oleh Kepala UPT Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, Ibu Camat, dan guru-guru dari 9 SD yang ada di Kecamatan Deli Tua. Kegiatan pendampingan dimulai dari pemaparan materi tentang pembelajaran tematik di SD, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan penilaian. Setelah paparan materi, dilakukan peer teaching sebagai bentuk uji coba pembelajaran sebelum dilakukan open class. Dalam penjelasannya, Faisal, S.Pd., M.Pd, kegiatan peer teaching merupakan ajang latihan bagi para guru sebelum mengajar pada kondisi sesungguhnya.

“Melalui peer teaching, para guru akan mendapat masukan dan saran demi penyempurnaan proses pembelajaran yang akan dilakukan di kelas nantinya,” pungkasnya.

Kegiatan yang telah dilaksanakan sangat membantu para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terutama yang berkaitan dengan implementasi kurikulum 2013 di SD.

Suharni, S.Pd. sebagai salah satu peserta dan juga kepala sekolah tempat pelaksanaan kegiatan mengatakan, kegiatan pendampingan sangat bermanfaat dan dapat membantu para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik di kelas.

“Guru-guru di Kecamatan Deli Tua sangat haus dengan ilmu pengetahuan, terutama yang berkaitan dengan pembelajaran tematik. Oleh sebab itu, kami mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan oleh LPM Unimed. Kami siap menerima kegiatan pendampingan serupa untuk selanjutnya,” ungkapnya.

Menyambut pernyataan itu, Faisal, S.Pd., M.Pd. yang juga penulis buku tematik kelas II SD kurikulum 2013. “Ini bukanlah akhir perjumpaan kita, namun merupakan awal perjumpaan kita. LPM Unimed siap melaksanakan program selanjutnya dan menjadikan SD di Kecamatan Deli Tua menjadi sekolah binaan LPM Unimed berkelanjutan,” tambahnya. Berita Deli Serdang, Dian Rahmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here