Erupsi Sinabung
Foto: Gunung Sinabung hari ini tiga kali meletus. Kolom abu vulkanik mencapai 3000 meter.

MUDANEWS.COM, Medan – Sebagian wilayah Kota Medan terpapar material abu vulkanik dari Erupsi Gunung Sinabung, Kamis (27/7/2017).

Hujan abu terjadi sekitar pukul 13.50 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Pantauan di lapangan, sejumlah kendaraan tertutup abu.

Beberapa pengendara sepeda motor juga terlihat memakai masker. Jafar, warga Jalan Sisingamangaraja, Medan, merasa kesulitan berkendara karena abu vulkanik.

“Jadi agak sulit melihat dan bernafas. Karena abu terus turun. Jadi kita harus lebih berhati-hati dalam berkendara,” kata Jafar.

Sementara itu, Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Armen Putra mengatakan, hujan abu yang terjadi di Kota Medan adalah dampak erupsi yang terjadi sekitar pukul 12.07 WIB. Saat erupsi, angin berhembus cukup kencang dan mengarah ke Kota Medan.

“Disini anginnya kencang. Jadi material abu itu terbawa sampai ke Medan,” kata Armen saat dikonfirmasi.

Dia pun mengimbau agar masyarakat memakai masker dan kacamata saat beraktifitas di luar ruangan. Ini dilakukan untuk meminimalisir dampak abu vulkanik terhadap kesehatan.

Armen mengatakan, saat ini kondisi di Puncak Gunung Sinabung masih tertutup kabut. Angin juga masih berhembus kencang di daerah Kabupaten Karo. Berita Medan, Yogoy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here