Jelang Pilkada Sidempuan
Foto: Pengurus Partai Demokrat Kota Padang Sidempuan saat buka pendaftaran balon Walikota Padang Sidempuan.

MUDANEWS.COM, Padang Sidempuan – Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Padang Sidempuan resmi buka pendaftaran bakal calon (balon) Walikota dan Wakil Walikota Padang Sidempuan, Senin (24/7/2017) siang. Penjaringan tersebut bertujuan guna menemukan figur yang berintegritas dan bermoral.

Kepada wartawan, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Padang Sidempuan, Khoiruddin Nasution mengatakan, secara teknis penjaringan yang dilakukan pihaknya ada cara, yakni secara formal dan non formal. Dimana, secara formal tersebut bakal calon (balon) melakukan pendaftaran dengan mendatangi Kantor DPC Partai Demokrat Kota Padang Sidempuan yang beralamat di Jalan Mawar No 3 C, Kota Padang Sidempuan.

“Sementara secara non formal, pihaknya menunggu laporan masyarakat sosok figur yang masuk ke akun facebook DPC Partai Demokrat P. Sidempuan. Setelah laporan tersebut masuk, tim yang dibentuk Partai Demokrat pun akan menemui sosok figur tersebut apakah layak atau tidak memimpin Kota Padang Sidempuan,” ucapnya.

Kemudian, Khoiruddin mengatakan, kriteria balon yang dicari Partai Demokrat Kota Padang Sidempuan yakni, memiliki integritas, kapabilitas, elektabilitas, popularitas, akuntabilitas, dan kridibelitas. “Selain itu juga tidak melanggar UU tentang Pilkada yang dikeluarkan KPU Nomor 3 tahun 2017,” ungkapnya.

Khoiruddin juga mengatakan, dalam pengambilan formulir pendaftaran ke Kantor DPC Partai Demokrat Kota Padang Sidempuan, balon dapat diwakilkan. Tetapi, saat pengembalian formulir tersebut balon diwajibkan hadir.

“Hal ini bertujuan untuk melihat keseriusan balon yang ingin bepartisipasi dalam Pilkada Kota Padang Sidempuan 2018 mendatang. Namun pada saat pendaftaran, yang mewakilkan wajib membawa surat kuasa dari balon,” katanya.

Kemudian, legislatif yang telah menginjakkan kaki di Gunung Everst tersebut mengatakan, saat pengambilan formulir pendaftaran tersebut bakal calon dikenakan biaya senilai Rp770 ribu sebagai biaya administrasi. Sementara, saat pengembalian formulir tersebut para balon dikenakan biaya senilai Rp2.018.000.

“Biaya tersebut merupakan biaya verifikasi,” pungkasnya sembari mengatakan pendaftaran tersebut berakhir hingga 20 Agustus 2017 mendatang. Berita Padang Sidempuan, Indra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here