Halal Bihalal Paguyuban Banten Sumatera Utara
Foto: DPP PABANSU saat melantik kepengurusan DPD PABANSU Kota Medan.

MUDANEWS.COM, Medan – Paguyuban Banten Sumatera Utara mengadakan halal bihalal dan silaturahmi bersama warga masyarakat keturunan Banten yang berada di Sumatera Utara pada Minggu (23/7/2017) yang berlangsung di Masjid Al-Ikhlas Jalan Madio Santoso Kelurahan Pulau Brayan Darat I ┬áKecamatan Medan Timur.

Hal ini dipertegas juga dari pernyataan ketua umum PABANSU KOMPOL H.Enjang Bahri, SH bahwa acara ini diharapkan warga Banten yang ada di Sumatera Utara yang berjumlah 8886 kepala keluarga yang tersebar di 19 Kabupaten dan Kota agar bisa lebih guyub (bersatu), lebih dekat dengan masjid dikarenakan 100% warga Banten yang ada di Sumatera beragama Islam.

“Saya berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini warga Banten yang ada di Sumatera Utara lebih bersatu dan membangun ukhuwah serta lebih dekat dengan masjid pun bisa di pastikan 100% warga banten muslim,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PABANSU juga melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PABANSU Kota Medan.

Selain itu, ketua umum PABANSU menceritakan bagaimana terbentuknya paguyuban Banten Sumatera Utara (PABANSU) ini, hal ini terjadi atas inisiatif beberapa kelompok keluarga yang berada di Deli Serdang sekitar 6 tahun lalu.

Halal Bihalal Banten
Foto: Antusias masyarakat keturunan Banten yang ada di Sumut

“Awal terbentuknya adalah bukan berarti yang menjadi keanggotaan adalah warga dari provinsi Banten, tetapi warga keturunan Banten yang sudah berasimilasi di Sumatera Utara,” ujarnya.

Selanjutnya, ia juga mengatakan bahwa melihat generasi muda keturunan Banten yang lebih fasih berbahasa suku yang lain seperti Jawa, Mandailing dll. Makanya setiap rapat ataupun pertemuan PABANSU selalu menggunakan bahasa asli Banten walaupun harus dicampur dengan bahasa Indonesia,” demikian Enjang. Berita Medan, Alvian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here