Dinkes Batubara
Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Batubara – Dinas Kesehatan Batubara Ingin mewujudkan kota sehat di Batubara malui kegiatan sosialisasi pilot Projek pembentukan kota sehat di Kabupaten Batubara, (22/6/2017) di Sei Suka.

Acara diikuti 27 orang peserta terdiri dari instansi dinas terkait, LSM, para Camat, PKK , tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kadis Kesehatan Batubara dr.Hj.Dewi Chailaty Nst.M.Kes dalam arahannya menjelaskan, program itu merupakan program untuk daerah terpilih di Kabupaten/Kota, sebagai kota sehat di Sumatera Utara adalah Kabupaten Batubara, Kab. Asahan dan Labuhan Batu Selatan,” kata Dewi.

Ada 9 varian yang ditentukan untuk kategori kabupaten Sehat, yaitu Pemukiman, Pendidikan, Perumahan, Pangan, lingkungan, Kawasan Industri dan perkantoran, Pariwisata dan Kehidupan Sosial.

“Sebenarnya leading sektor project kabupaten sehat ini adalah Bappeda, namun karena ada kalimat dan hubungannya dengan kesehatan maka Dinkes lebih banyak berperan,” tukas Dewi.

Menurut narasumber dari Dinkes Sumut. Dedy Harianto, tujuan pembentukan kabupaten sehat adalah tercapainya lingkungan yang sehat untuk dihuni warga.

“Empat pilar kabupaten sehat seperti 1. Sehat dalam tatanan ; 2. Forum masyarakat ; 3. Tim pembina kabupaten dan 4. Kebijakan pemerintah kabupaten,” kata Dedi. Berita Batubara, Erwin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here