Sambut Bulan Ramadhan Sidempuan
Foto : Pemuda Sidempuan membersihkan makam sambut bulan puasa.

MUDANEWS.COM, Padang Sidempuan – Sambut bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah, warga di Kota Padang Sidempuan mempunyai tradisi unik. Salah satunya yakni, melakukan pembersihan makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muslim.

Hal tersebut tampak kala melintasi Jalan BM Muda, Kota Padang Sidempuan. Amatan wartawan, Minggu (14/5/2017) siang, tampak puluhan pemuda-pemudi memegang alat-alat kebun tengah berkumpul di TPU yang berada di kawasan tersebut. Dengan menggunakan cangkul, parang, serta pompa pembasmi tanaman mereka tengah asyik membersihkan tanaman yang sudah menjalar di makam.

Kepada wartawan, Ketua Naposo Nauli Bulung (NNB) Rimni Tahi, Kelurahan Silandit, M Rukun Rambe mengatakan, tradisi pembersihan makam menyambut bulan puasa ini merupakan kegiatan turun termurun dari nenek moyang mereka. Uniknya, yang berperan membersihkan taman tersebut tidak boleh orang sudah menikah

“Ini sudah turun temurun kami lakukan bang. Dan ini hanya para pemuda-pemudi saja yang bekerja,” ucapnya.

Rukun menambahkan, aktivitas ini juga merupakan bentuk kepedulian para pemuda dalam menata lingkungannya. Pasalnya, selain kegiatan membersihkan makam saat menyambut bulan suci Ramadhan mereka juga melakukan kegiatan bakti sosial lainnya.

“Inilah bentuk kepedulian kami bang kepada lingkungan kami. Selain kegiatan ini, kami juga ngelakukan kegiatan bakti sosial,” tungkasnya.

Bahkan, kata Rukun, kegiatan yang mereka lakukan ini juga berkaitan untuk mempererat tali silaturahmi atar warga. Makanya, mereka pun berharap bisa tradisi ini terus sampai ke anak cucunya.

“Kegiatan kayak gini juga supaya mempererat tali silaturahim antar sesama warga. Karenanya, kami akan terus menjaga tradisi ini sampai ke anak cucu kami,” pungkasnya. Berita Padang Sidempuan, Indra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here